TINJAUAN HUKUM TERHADAP GANTI RUGI ATAS KETERLAMBATAN ANGKUTAN PENUMPANG DAN BARANG OLEH PT. MERPATI NUSANTARA AIRLINES CABANG BENGKULU

Main Authors: Yuniarti, Erika, Slamet Muljono, Slamet Muljono, Nur Sulistyo, Nur Sulistyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2054/1/I%2CII%2CIII-ERI-FH.pdf
http://repository.unib.ac.id/2054/2/V-ERI-FH.pdf
http://repository.unib.ac.id/2054/
Daftar Isi:
  • Penulisan skripsi ini dibuat karena adanya permasalahan yang terdapat dalam hubungan antara perusahaan angkutan udara (PT. Merpati Nusantara Airlines) dan penumpang pengguna jasa angkutan udara, yaitu apabila terjadi keterlambatan angkutan penumpang dan barang. Salah satu kewajiban penumpang adalah membayar tiket agar dapat menikmati layanan dari perusahaan, yang kemudian menyebabkan penumpang tersebut memiliki hak atas kenyamanan dan keamanan dari perusahaan. Apabila perusahaan tersebut tidak dapat memenuhi kewajibannya, maka penumpang berhak mengajukan tuntutan atau klaim. Adapun maksud dan tujuan penulisan studi kasus ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur penyelesaian tuntutan ganti rugi terhadap keterlambatan angkutan penumpang dan barang oleh PT. MerpatiPenulisan skripsi ini dibuat karena adanya permasalahan yang terdapat dalam hubungan antara perusahaan angkutan udara (PT. Merpati Nusantara Airlines) dan penumpang pengguna jasa angkutan udara, yaitu apabila terjadi keterlambatan angkutan penumpang dan barang. Salah satu kewajiban penumpang adalah membayar tiket agar dapat menikmati layanan dari perusahaan, yang kemudian menyebabkan penumpang tersebut memiliki hak atas kenyamanan dan keamanan dari perusahaan. Apabila perusahaan tersebut tidak dapat memenuhi kewajibannya, maka penumpang berhak mengajukan tuntutan atau klaim. Adapun maksud dan tujuan penulisan studi kasus ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur penyelesaian tuntutan ganti rugi terhadap keterlambatan angkutan penumpang dan barang oleh PT. MerpatiPenulisan skripsi ini dibuat karena adanya permasalahan yang terdapat dalam hubungan antara perusahaan angkutan udara (PT. Merpati Nusantara Airlines) dan penumpang pengguna jasa angkutan udara, yaitu apabila terjadi keterlambatan angkutan penumpang dan barang. Salah satu kewajiban penumpang adalah membayar tiket agar dapat menikmati layanan dari perusahaan, yang kemudian menyebabkan penumpang tersebut memiliki hak atas kenyamanan dan keamanan dari perusahaan. Apabila perusahaan tersebut tidak dapat memenuhi kewajibannya, maka penumpang berhak mengajukan tuntutan atau klaim. Adapun maksud dan tujuan penulisan studi kasus ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur penyelesaian tuntutan ganti rugi terhadap keterlambatan angkutan penumpang dan barang oleh PT. MerpatiPenulisan skripsi ini dibuat karena adanya permasalahan yang terdapat dalam hubungan antara perusahaan angkutan udara (PT. Merpati Nusantara Airlines) dan penumpang pengguna jasa angkutan udara, yaitu apabila terjadi keterlambatan angkutan penumpang dan barang. Salah satu kewajiban penumpang adalah membayar tiket agar dapat menikmati layanan dari perusahaan, yang kemudian menyebabkan penumpang tersebut memiliki hak atas kenyamanan dan keamanan dari perusahaan. Apabila perusahaan tersebut tidak dapat memenuhi kewajibannya, maka penumpang berhak mengajukan tuntutan atau klaim. Adapun maksud dan tujuan penulisan studi kasus ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur penyelesaian tuntutan ganti rugi terhadap keterlambatan angkutan penumpang dan barang oleh PT. MerpatiPenulisan skripsi ini dibuat karena adanya permasalahan yang terdapat dalam hubungan antara perusahaan angkutan udara (PT. Merpati Nusantara Airlines) dan penumpang pengguna jasa angkutan udara, yaitu apabila terjadi keterlambatan angkutan penumpang dan barang. Salah satu kewajiban penumpang adalah membayar tiket agar dapat menikmati layanan dari perusahaan, yang kemudian menyebabkan penumpang tersebut memiliki hak atas kenyamanan dan keamanan dari perusahaan. Apabila perusahaan tersebut tidak dapat memenuhi kewajibannya, maka penumpang berhak mengajukan tuntutan atau klaim. Adapun maksud dan tujuan penulisan studi kasus ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur penyelesaian tuntutan ganti rugi terhadap keterlambatan angkutan penumpang dan barang oleh PT. MerpatiNusantara Airlines cabang Bengkulu dan bagaimana bentuk ganti rugi yang diberikan oleh PT. Merpati Nusantara Airlines cabang Bengkulu terhadap keterlambatan angkutan penumpang dan barang. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian hukum normatif dan empiris, namun sifat penelitian yang utama adalah empiris yang terdiri dari penelitian atas identifikasi hukum dan penelitian atas efektivitas hukum terhadap suatu populasi/daerah tertentu. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa prosedur penyelesaian tuntutan ganti rugi terhadap keterlambatan angkutan penumpang dan barang dan bentuk ganti rugi yang diberikan oleh PT. Merpati Nusantara Airlines cabang Bengkulu dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Namun diharapkan agar pemerintah dapat membuat aturan yang lebih jelas dan tegas dalam upaya memberikan jaminan dan kepastian hukum bagi penumpang. Kepada perusahaan diharapkan agar dapat bersikap lebih transparan terhadap pemberian informasi kepada penumpang bila terjadi keterlambatan pesawat, termasuk dalam hal prosedur klaim dan pemberian ganti rugi apabila penumpang mengalami kerugian akibat keterlambatan angkutan penumpang dan barang. Para penumpang juga diharapkan agar dapat bersikap proaktif agar mendapatkan hakhaknya setelah menunaikan kewajibannya kepada perusahaan.