PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING FISIKA PADA KONSEP LISTRIK DINAMIS DI SMA IT IQRA KOTA BENGKULU

Main Authors: Khairi, Fitri Nur, mukhammad, Farid, Eko, Swistoro
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/20382/1/Penerapan%20Model%20Pembelajaran%20Problem%20Solving%2020382.pdf
http://repository.unib.ac.id/20382/
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar kognitif siswa dan perbedaan hasil belajar siswa kelompok rendah, sedang, dan tinggi pada konsep listrik dinamis dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving Fisika.Jenis penelitian ini adalah Pre-ekperimen desain One Group Pretest Posttest. Penelitian dilakukan di SMA IT IQRA kota Bengkulu pada pembelajaran Ekstrakurikuler. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran adalah batang pohon kedondong (Spondias dulcis).Peningkatan hasil belajar kognitif dianalisis secara deskriptif dan dihitung dengan skor gain yang dinormalisasi serta dianalisis dengan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan N-gain kelompok tinggi sebesar 0,71, kelompok sedang 0,56, dan kelompok rendah sebesar 0,49. Hasil uji anava menunjukkan nilai F hitung 27,89 > F tabel 3,59 dengan signifikan 5% dan 6,11 pada taraf signifikan 1%. Kesimpulan dari penelitian ini 1) penerapan model pembelajaran Problem Solving Fisika pada konsep Listrik dinamis dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa 2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelompok atas, sedang dan bawah.