ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP PRODUK BIHUN JAGUNG ROSE BARAND DI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Nainggolan, Sariani A, Agus, Purwoko, Zulkarnain, Yuliarso |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/20152/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/20152/ |
Daftar Isi:
- Jagung mempunyai potensi sebagai bahan baku berbagai macam olahan termasuk sebagai bahan baku industri makanan, minuman, kimia, farmasi dan industri lainnya. Bihun merupakan salah satu produk turunan dari jagung. Rose Brand merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi bihun jagung. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang produksi bihun jagung, maka Rose Brand harus mengetahui atribut-atribut apa saja yang dapat menciptakan kepuasan konsumen terhadap Bihun Jagung Rose Brand sehingga dapat menciptakan loyalitas konsumen terhadap produk Bihun Jagung Rose Brand mengingat ketatnya persaingan yang dihadapi di pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut produk bihun jagung dan menganalisis loyalitas konsumen terhadap bihun jagung Rose Brand. Lokasi penelitian ini ditentukan secara sengaja (Purposive) di Pasar Tradisional Modern (PTM) dan Pasar Panorama Kota Bengkulu dengan pertimbangan bahwa Pasar tersebut merupakan daerah pembeli bihun jagung paling banyak di Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, Indeks kepuasan konsumen (CSI) dan Analisis switcher Buyer, Habitual Buyer, Satisfaction Buyer, Liking the Brand dan Commited Buyer. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan konsumen bihun jagung Rose Brand sebesar 80,46% nilai Switcher Buyer 31,24%, nilai Habitual Buyer 29,17, nilai satisfied Buyer 73,96% Nilai Liking the Brand 88,54% dan Nilai Commited Buyer 83,33%. Artinya konsumen merasa puas terhadap atribut produk bihun jagung Rose Brand dan loyalitas konsumen bihun jagung Rose Brand termasuk pada Liking the Brand. Kata Kunci: Bihun jagung Rose Brand, Kepuasan, CSI, Loyalitas