ANALISIS PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus Produk Tahu Sutra “SEHAT” Anugerah Linggau Sejahtera di Kota Lubuklinggau)

Main Authors: Triana, Herlisa, Redy, Badrudin, Irnad, Irnad
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/20133/1/Herlisa%20Triana-E1D015066-Skripsi.pdf
http://repository.unib.ac.id/20133/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pengambilan keputusan pembelian konsumen; 2) Mengetahui segmentasi pasar; dan 3) Menganalisis pengaruh segmentasi pasar terhadap pengambilan keputusan pembelian pada produk tahu sutra “SEHAT” Anugerah Linggau Sejahtera di Kota Lubuklinggau. Metode analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan di Kota Lubuklinggau, responden yang digunakan pada penelitian ini adalah konsumen tahu sutra “SEHAT” sebanyak 96 responden. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode studi literatur, interview, kuesioner, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Proses keputusan pembelian dimulai dari pengenalan kebutuhan konsumen membeli produk disaat mereka ingin mengkonsumsi, pencarian informasi melalui teman, proses evaluasi alternative, keputusan pembelian produk, dan perilaku pasca pembelian konsumen merasa puas hingga membeli produk secara berulang; 2) Segmentasi pasar yang terbentuk pada sebagian besar konsumen tahu sutra “SEHAT” ini ialah segmentasi geografis yang telah menyebar di beberapa wilayah geografis dibuktikan dengan konsumen hampir berasal dari seluruh wilayah Kecamatan kota Lubuklinggau. Segmentasi demografis yang tertuju kepada usia dewasa, pendapatan menengah, berpendidikan tinggi, dan kelas sosial menengah. Segmentasi psikografis yang terbentuk yaitu gaya hidup konsumen yang baik dan memiliki selera sama. Segmentasi tingkah laku konsumen yang mempunyai pengetahuan lebih tentang produk, konsumen yang mementingkan manfaat, dan konsumen yang tingkat konsumsinya sedang; 3) Segmentasi geografis, segmentasi demografis, dan segmentasi psikografis masing-masing tidak berpengaruh nyata. Sedangkan segmentasi tingkah laku berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian produk tahu sutra “SEHAT”.