ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN (TRUST) NELAYAN BURUH TERHADAP PEMILIK KAPAL DI PULAU BAAI KOTA BENGKULU

Main Authors: Silaen, Feby Friska, Andi, Irawan, Irnad, Irnad
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/20128/1/PDF%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/20128/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan (trust) nelayan buruh terhadap pemilik kapal di Pulau Baai Kota Bengkulu dan menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi kepercayaan (trust) nelayan buruh terhadap pemilik kapal di Pulau Baai Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan di Pulau Baai Kota Bengkulu, dilaksanakan pada tanggal 15 Februari – 15 Maret 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah nelayan buruh yang ada di Pulau Baai Kota Bengkulu yang berjumlah 340 orang. 1) Untuk menentukan besarnya jumlah sampel dalam data kuantitatif digunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan sebesar 10%, maka didapat jumlah sampel sebanyak 77 responden. 2) Untuk data kualitatif, maka digunakan teknik sampling snowball sampling untuk mencari responden lain yang dipandang lebih mengerti dan dapat melengkapi data yang diberikan responden sebelumnya. Jumlah informan tergantung kepada cakupan data yang didapat. Setelah melakukan wawancara mendalam terhadap 10 informan, peneliti menilai data yang dibutuhkan telah memenuhi yang ditargetkan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode studi literatur, interview (wawancara), in-depth interview (wawancara mendalam), kuesioner, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dapat diketahui rata-rata nelayan buruh di Pulau Baai Kota Bengkulu memiliki tingkat kepercayaan (trust) yang baik terhadap pemilik kapal/juragan, dimana didapat indeks likert secara keseluruhan adalah sebesar 79,87%. Berdasarkan uji regresi linear berganda didapatkan hasil yaitu kepercayaan (trust) dipengaruhi secara nyata oleh kepuasan dalam relasi (X1), hubungan power dan ketergantungan (X3), dan ketidakcurangan (X4), sedangkan faktor lainnya yang tidak berpengaruh nyataterhadap kepercayaan (trust) adalah variabel hubungan dalam investasi (X2) dan reputasi (X5).