ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PADA RUMAH MAKAN EMBUN PAGI BENGKULU

Main Authors: Amatun , Anik, Anwar , Syaiful
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2012/1/I%2CII%2CIII-ANI-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/2012/2/IV%2CV-ANI-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/2012/
ctrlnum 2012
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/2012/</relation><title>ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PADA RUMAH MAKAN EMBUN PAGI BENGKULU </title><creator>Amatun , Anik</creator><creator>Anwar , Syaiful</creator><subject>HB Economic Theory</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada Rumah Makan Embun Pagi Bengkulu dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang baik, yang dihubungkan dengan kekuatan, kelemahan, peluang dan &#xD; ancaman yang dimiliki oleh Rumah Makan Embun Pagi Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan maksud untuk menemukan dan menggambarkan strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh Rumah Makan Embun Pagi, sesuai dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki secara internal serta peluang dan ancaman yang ada secara eksternal. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pelanggan rumah makan Embun Pagi Bengkulu. Metode pengambilan sampel digunakan accidental sampling yang dilakukan pada &#xD; tanggal 20 November 2005. Berdasarkan penyebaran kuisioner tersebut diperoleh responden sebanyak 30 orang, namun yang mengisi kuisioner secara lengkap hanya 20 orang responden, sehingga 20 orang responden tersebut ditetapkan sebagai responden untuk dianalisis. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SWOT. &#xD; Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa : 1) Kekuatan rumah makan Embun Pagi Bengkulu terletak pada jenis menu yang ditawarkan bervariasi dan adanya produk unggulan, kelezatan dari masakan yang disajikan, pelayanan yang memuaskan, &#xD; pemberian potongan harga, dan penetapan harga sesuai dengan kualitas; 2) Kelemahan terletak pada kurangnya sarana prasarana promosi, kurangnya promosi melalui media cetak, dan tidak adanya personal selling, areal parkir yang sempit dan ruangan yang sempit/terbatas; 3) Peluang yang dimiliki oleh rumah makan Embun Pagi lokasi yang mudah dijangkau, lokasi yang nyaman dan aman, fasilitas hiburan yang memadai dan promosi melalui media cetak yang perlu dilakukan; dan 4) Ancaman bagi rumah makan Embun Pagi Bengkulu adalah pesain yang menjual produk sejenis. &#xD; Beberapa saran yang dapat diberikan adalah : 1) Promosi lebih ditingkatkan, guna lebih mengenalkan produk yang ditawarkan serta menarik konsumen untuk melakukan &#xD; pembelian guna meningkatkan omzet penjualan dan juga membuat daftar menu berikut daftar harga untuk masing-masing produk dan 2) Di masa yang akan datang perlu adanya pembukaan cabang baru di tempat yang dianggap strategis, baik dari segi menu/tampilan produk dan pelayanan harus sama dengan yang telah ditawarkan selama ini; dan 3) mempertahankan produk unggulan yang selama ini telah dilakukan. </description><date>2006</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unib.ac.id/2012/1/I%2CII%2CIII-ANI-FE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unib.ac.id/2012/2/IV%2CV-ANI-FE.pdf</identifier><identifier> Amatun , Anik and Anwar , Syaiful (2006) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PADA RUMAH MAKAN EMBUN PAGI BENGKULU. Undergraduated thesis, Ekonomi UNIB. </identifier><recordID>2012</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Amatun , Anik
Anwar , Syaiful
title ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PADA RUMAH MAKAN EMBUN PAGI BENGKULU
publishDate 2006
topic HB Economic Theory
url http://repository.unib.ac.id/2012/1/I%2CII%2CIII-ANI-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/2012/2/IV%2CV-ANI-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/2012/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada Rumah Makan Embun Pagi Bengkulu dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang baik, yang dihubungkan dengan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh Rumah Makan Embun Pagi Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan maksud untuk menemukan dan menggambarkan strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh Rumah Makan Embun Pagi, sesuai dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki secara internal serta peluang dan ancaman yang ada secara eksternal. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pelanggan rumah makan Embun Pagi Bengkulu. Metode pengambilan sampel digunakan accidental sampling yang dilakukan pada tanggal 20 November 2005. Berdasarkan penyebaran kuisioner tersebut diperoleh responden sebanyak 30 orang, namun yang mengisi kuisioner secara lengkap hanya 20 orang responden, sehingga 20 orang responden tersebut ditetapkan sebagai responden untuk dianalisis. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa : 1) Kekuatan rumah makan Embun Pagi Bengkulu terletak pada jenis menu yang ditawarkan bervariasi dan adanya produk unggulan, kelezatan dari masakan yang disajikan, pelayanan yang memuaskan, pemberian potongan harga, dan penetapan harga sesuai dengan kualitas; 2) Kelemahan terletak pada kurangnya sarana prasarana promosi, kurangnya promosi melalui media cetak, dan tidak adanya personal selling, areal parkir yang sempit dan ruangan yang sempit/terbatas; 3) Peluang yang dimiliki oleh rumah makan Embun Pagi lokasi yang mudah dijangkau, lokasi yang nyaman dan aman, fasilitas hiburan yang memadai dan promosi melalui media cetak yang perlu dilakukan; dan 4) Ancaman bagi rumah makan Embun Pagi Bengkulu adalah pesain yang menjual produk sejenis. Beberapa saran yang dapat diberikan adalah : 1) Promosi lebih ditingkatkan, guna lebih mengenalkan produk yang ditawarkan serta menarik konsumen untuk melakukan pembelian guna meningkatkan omzet penjualan dan juga membuat daftar menu berikut daftar harga untuk masing-masing produk dan 2) Di masa yang akan datang perlu adanya pembukaan cabang baru di tempat yang dianggap strategis, baik dari segi menu/tampilan produk dan pelayanan harus sama dengan yang telah ditawarkan selama ini; dan 3) mempertahankan produk unggulan yang selama ini telah dilakukan.
id IOS6175.2012
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:03:23Z
last_indexed 2018-09-17T09:03:23Z
recordtype dc
_version_ 1674557874889555968
score 17.538404