ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PENYALURAN BERAS SEJAHTERA (RASTRA) DI DESA AIR PETAI KABUPATEN BENGKULU UTARA

Main Authors: Herniyawati, Dita, Putri, Suci Asriani, Basuki, Sigit Priyono
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/20110/1/Skripsi%20DitaHerniyawati.pdf
http://repository.unib.ac.id/20110/
Daftar Isi:
  • Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang sedang berusaha untuk membangun dalam segala bidang aspek seperti politik, sosial, pendidikan, ekonomi dan lain-lain. Salah satu bidang yang sedang dalam proses pembangunan yaitu bidang ekonomi. Diantaranya terjadi karena ada peningkatan persentase jumlah penduduk miskin di Indonesia. Rastra merupakan implementasi dari instruksi Presiden tentang kebijakan perberasan nasional. Presiden menginstruksikan kepada Menteri dan Kepala Lembaga Pemerintah non Kementerian tertentu, serta Gubernur dan Bupati atau Walikota di seluruh Indonesia untuk melakukan upaya peningkatan pendapatan petani, ketahanan pangan, pengembangan ekonomi perdesaaan stabilitas ekonomi nasional. Dengan tujuan penelitian ini untuk : 1) Menganalisis persepsi konsumen terhadap kinerja pelayanan penyaluran Beras Sejahtera di Desa Air Petai, 2) Menganalisis bagaimana tingkat kepentingan dan kinerja atribut layanan terhadap tingkat kepuasan masyarakat penerima Beras Sejahtera, 3) Menganalisis tingkat kepuasan masyarakat penerima Rastra. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Rumus Slovin, dengan jumlah sampel 56 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Importance Performance Analysis (IPA) dan analisis Constumer Statisfaction Indeks (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat penerima Rastra terhadap kinerja pelayanan penyaluran Rastra di Desa Air Petai masuk dalam skala 46 – 53 sebanyak 46,43 %, masuk dalam kategori baik. Adanya kesenjangan antara harapan/keinginan dan kinerja pelaksanaan Rastra. Atribut-atribut yang dianggap penting oleh masyarakat penerima Rastra ternyata belum sesuai dengan harapan masyarakat penerima Rastra yaitu atribut tepat jumlah (x3) dan atribut tepat sasaran (x4) dengan Tingkat kepuasan termasuk dalam kategori puas dengan pencapaian indeks kepuasan sebesar 73,4 %.