KAJIAN SISTEM TRANSPORTASI TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT TERHADAP TERJADINYA RESTAN (STUDI KASUS DI PLASMA PT. SANDABI INDAH LESTARI
Main Authors: | Mahfudh, Irfani, Damres, Uker, Lukman, Lukman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/20067/1/skripsi%20pdf.pdf http://repository.unib.ac.id/20067/ |
Daftar Isi:
- Sistem transportasi pada Plasma PT. SIL di Desa Taba Tembilang menetapkan bahwa pabrik dapat menerima TBS di loading ramp dari jam 08:00-17:00 WIB, sedangkan TBS kelapa sawit harus diangkut dalam kurun waktu 10 sampai 12 jam setelah panen. Namun pada realisasi TBS kelapa sawit diterima di loading ramp lebih dari 12 jam, sehingga TBS kelapa sawit hasil panen dari perkebunan Plasma PT. SIL mengalami restan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji kinerja sistem trasportasi pada blok 1, 2, 3 dan 4 di Plasma PT. Sandabi Indah Lestari dan menentukan faktor utama yang mempengaruhi kinerja sistem pengangkutan pada blok 1, 2, 3 dan 4 di Plasma PT. Sandabi Indah Lestari di Desa Taba Tembilang kecamatan Argamukmur. Rancangan pengolahan data penelitian ini adalah mengkaji kinerja sistem trasportasi di Blok 1, 2, 3 dan 4, yaitu dengan mengamati dari panen, angkut, sampai diterima di Loading Ramp pabrik. sehingga dari jumlah tersebut maka diperoleh waktu yang dibutuhkan pada kinerja sistem trasportasi pada tiap Blok 1, 2, 3 dan 4 untuk sampai di loading ramp. Kemudian dilakukan evaluasi, untuk menentukan faktor utama yang mempengaruhi kinerja pengangkutan dan mengetahui tentang sejauh mana kinerja sistem trasportasi di PT. Sandabi Indah Lestari. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi kinerja sistem pengangkutan TBS kelapa sawit di Plasma PT. Sandabi Indah Lestari adalah faktor kondisi jalan dan kondisi kendaraan pengangkut, sedangkan untuk kinerja sistem pengangkutan TBS kelapa sawit di PT. Sandabi Indah Lestari dapat dikategorikan baik, hal ini dilihat dari hasil persentase pencapaian target dimana untuk blok 1 mencapai 85,76%, blok 2 mencapai 96,06%, blok 3 mencapai 86,20%, dan blok 4 mencapai 87, 21 %.