ANALISIS SALURAN PEMASARAN USAHA PETERNAKAN ITIK (Studi Kasus Satu Peternak Itik di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara)

Main Authors: Novardi, Alfian, Edi, Soetrisno, Bieng, Brata
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/19978/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20ALFIAN.pdf
http://repository.unib.ac.id/19978/
ctrlnum 19978
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/19978/</relation><title>ANALISIS SALURAN PEMASARAN USAHA PETERNAKAN ITIK (Studi Kasus Satu Peternak Itik di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara)</title><creator>Novardi, Alfian</creator><creator>Edi, Soetrisno</creator><creator>Bieng, Brata</creator><subject>SF Animal culture</subject><description>Itik merupakan salah satu jenis ternak yang saat ini sudah menjadi pilihan utama bagi pecinta kuliner. Pemanfaatan itik selain terkenal dengan kulinernya, itik juga dimanfaatkan sebagai itik petelur dimana telur itik dapat dibuat untuk telurasin atau telur sebagai sumber protein. Salah satu kelemahan usaha peternakan itik masih kurangnya pengetahuan peternak mengenai pola pemasaran. Dalam kaitannya dengan rantai pemasaran ternak itik, maka dalam penelitian ini akan mendeskripsikan pola pemasaran ternak yang dibangun melalui bagaimana cara penjualan ternak, bagaimana penentuan harga dan waktu penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji saluran pemasaran ternak itik pada satu peternak di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 4 pola pemasaran usaha peternakan pada satu peternak itik di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara meliputi saluran pemasaran I yaitu dari peternak langsung menjual ke konsumen akhir, saluran pemasaran II peternak menjual ternak kepada pedagang pengumpul kemudian kepedagang pengecer dan sampai kekonsumen akhir, saluran pemasaran III peternak menjual ternak kepada pedagang pengecer kemudian ke konsumen akhir, saluran pemasaran IV peternak menjual ternak kepada pedagang pengumpul kemudian ke konsumen akhir. Saluran pemasaran paling efisien yaitu saluran pemasaran I namun pada saluran ini konsumen tidak menentu saat pembelian ternak, dan saluran yang efisien pada saluran III pedagang pengecer.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Document:Archive</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/19978/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20ALFIAN.pdf</identifier><identifier> Novardi, Alfian and Edi, Soetrisno and Bieng, Brata (2019) ANALISIS SALURAN PEMASARAN USAHA PETERNAKAN ITIK (Studi Kasus Satu Peternak Itik di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>19978</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Document:Archive
Document
author Novardi, Alfian
Edi, Soetrisno
Bieng, Brata
title ANALISIS SALURAN PEMASARAN USAHA PETERNAKAN ITIK (Studi Kasus Satu Peternak Itik di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara)
publishDate 2019
topic SF Animal culture
url http://repository.unib.ac.id/19978/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20ALFIAN.pdf
http://repository.unib.ac.id/19978/
contents Itik merupakan salah satu jenis ternak yang saat ini sudah menjadi pilihan utama bagi pecinta kuliner. Pemanfaatan itik selain terkenal dengan kulinernya, itik juga dimanfaatkan sebagai itik petelur dimana telur itik dapat dibuat untuk telurasin atau telur sebagai sumber protein. Salah satu kelemahan usaha peternakan itik masih kurangnya pengetahuan peternak mengenai pola pemasaran. Dalam kaitannya dengan rantai pemasaran ternak itik, maka dalam penelitian ini akan mendeskripsikan pola pemasaran ternak yang dibangun melalui bagaimana cara penjualan ternak, bagaimana penentuan harga dan waktu penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji saluran pemasaran ternak itik pada satu peternak di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 4 pola pemasaran usaha peternakan pada satu peternak itik di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara meliputi saluran pemasaran I yaitu dari peternak langsung menjual ke konsumen akhir, saluran pemasaran II peternak menjual ternak kepada pedagang pengumpul kemudian kepedagang pengecer dan sampai kekonsumen akhir, saluran pemasaran III peternak menjual ternak kepada pedagang pengecer kemudian ke konsumen akhir, saluran pemasaran IV peternak menjual ternak kepada pedagang pengumpul kemudian ke konsumen akhir. Saluran pemasaran paling efisien yaitu saluran pemasaran I namun pada saluran ini konsumen tidak menentu saat pembelian ternak, dan saluran yang efisien pada saluran III pedagang pengecer.
id IOS6175.19978
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2019-11-06T06:19:10Z
last_indexed 2019-11-06T06:19:10Z
recordtype dc
_version_ 1685973120588972032
score 17.538404