PERSEPSI, SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PISWUL (PISANG WULU) DI KEDAI CEMILAN BABY BLUE KOTA BENGKULU
Main Authors: | Delvita, Tiya, Basuki, Sigit Priyono, Redy, Badrudin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/19824/1/Skripsi%20Tiya%20Delvita.pdf http://repository.unib.ac.id/19824/ |
Daftar Isi:
- Salah satu bentuk industri pengolahan hasil pertanian adalah pisang. Pisang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan salah satunya yaitu Piswul. Piswul adalah salah satu cemilan unik yang terkenal di Kedai Cemilan Baby blue yang terdapat di Kota Bengkulu, dimana piswul tersebut memiliki berbagai macam varian toping yang berbeda dari penjual pisang yang lain. Di Kedai Cemilan Baby Blue sangat banyak sekali konsumen yang datang berkunjung untuk membeli dan mengkonsumsi piswul (pisang wulu). Oleh sebab itu pastinya banyak faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap produk Piswul di Kedai Cemilan Baby Blue, kemudian untuk mengetahui sikap konsumen terhadap produk Piswul di Kedai Cemilan Baby Blue Kota Bengkulu, dan untuk mengetahui perilaku konsumen terhadap produk Piswul di Kedai Cemilan Baby Blue Kota Bengkulu. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan analisis multi atribut fishbien. Lokasi penelitian diambil secara purposif (sengaja) yaitu di Kedai Cemilan Baby Blue Kota Bengkulu berdasarkan pertimbangan bahwa Piswul merupakan salah satu cemilan yang terkenal di kalangan masyarakat Bengkulu. Penentuan responden dilakukan dengan metode Accidental Sampling sebanyak 96 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen produk Piswul di Kedai Cemilan Baby Blue berkategori kurang baik yaitu mendapatkan presentase sebesar 70,83%. Berdasarkan hasil analisis fishbien, secara keseluruhan sikap total konsumen (Ao)>0 atau bernilai positif dengan nilai total sebesar 13,04, yang berarti nilai sikap total konsumen berada pada nilai positifuntuk setiap atribut dimana atribut- atribut tersebut adalah Rasa, tekstur, Harga, Tata Ruang/Letak, Kebersihan Kios, Kebersihan Peralatan, Lokasi yang Strategis, Pelayanan, dan Wifi. Perilaku konsumen (B) Piswul di Kedai Cemilan Baby Blue di Kota Bengkulu bernilai positif 9.86 karena B>0, maka perilaku konsumen Piswul adalah positif. Artinya Konsumen Piswul akan tetap melakukan pembelian dan mengkonsumsi produk untuk selanjutnya.