ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PANCAKE DURIAN (STUDI KASUS PADA UCOK DURIAN DI SUMATERA UTARA)

Main Authors: Sinulingga, Sion Maranatha Br, Putri, Suci Asriani, Basuki, Sigit Priyono
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/19823/1/Skripsi%20Sion%20Maranatha%20Br%20Sinulingga.pdf
http://repository.unib.ac.id/19823/
Daftar Isi:
  • Durian merupakan salah satu genus tanman buah asli indonesia yang hanya ada pada waktu-waktu tertentu saja yaitu setahun sekali. Bagian utama yang sering dimanfaatkan dan dimakan dari durian ialah daging buahnya. Buah yang memiliki rasa dan aroma yang khas ini sangat digemari oleh sebagaian banyak orang. Rasa daging buahnya yang enak membuat banyak orang gemar mengkonsumsi buah ini. Di Indonesia, durian dapat diolah kedalam bermacam-macam jenis makanan yang nikmat dan menggiurkan. Makanan olahan tersebut adalah pancake durian. Banyaknya produsen pancake durian yang ada di Kota Medan, terdapat sala satu produsen pancake durian yang diminati yaitu pancake durian Ucok. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk menganalisis sikap konsumen terhadap pancake durian pada usaha Ucok durian. 2) Untuk menganalisis perilaku konsumen terhadap pancake durian pada usaha Ucok durian. Penelitian ini dilaksanakan di Ucok Durian. Dengan alasan Ucok durian adalah salah satu produsen industri rumah tangga (home industri). Responden dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunkan accidential sampling yaitu sebanyak 96 sampel. Metode analisis data yang digunakan untuk mengindentifikasi sikap dan perilaku konsumen terhadap pancake durian Ucok adalah analisis deskriptif dan analisis fishbein. Hasil analisis fishbein, secara keseluruhan sikap total konsumen (Ao) > 0 atau bernilai positif dengan nilai total sebesar (8,76), yang berarti nilai sikap total konsumen berada pada nilai baik, yang berarti sebagian konsumen setuju dengan berbagai atribut yang ada pada pancake durian. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh dua faktor yaitu sikap total konsumen (Ao) dan Norma Subjektif (SN). Hasil yang diperoleh untuk perilaku konsumen terhadap pancake durian bernilai positif dengan nilai sebesar (7,48) yang membuktikan bahwa sikap konsumen yang hasilnya positif ada hubungan yang konsisten dengan perilaku konsumen yang juga menghasilkan nilai positif.