POLA KOMUNIKASI PEMENTOR ROHANI ISLAM (ROHIS) DALAM KEGIATAN MENTORING DI SMA NEGERI 5 BENGKULU
Main Authors: | Emelda, Fitria, Yudisiani, Yudisiani, Yuliati, Yuliati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/19375/1/SKRIPSI%20FITRIA%20EMELDA.pdf http://repository.unib.ac.id/19375/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang terjadi antara pementor dengan peserta mentoring dalam membentuk karakter dan kepribadian Islam pada siswa. Dalam Proses terjadinya mentoring, pembentukan karakter dan kepribadian Islam merupakan tujuan kegiatan tersebut. Adapun rumusan masalah yang ingin dilihat yakni “Bagaimana Pola Komunikasi yang Dilakukan oleh Pementor Terhadap Peserta Mentor didalam Proses Mentoring dalam Membentuk Karakter dan Kepribadian Islam Pada Siswa”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk menggambarkan hubungan interaksi antara pementor dengan peserta. Informan penelitian dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih informan yang sesuai dengan kriteria tertentu. Informan yang diambil ada dua tipe, yang pertama informan A (pementor) dan kedua informan B (peserta). Sedangkan teknik pengambilan data yang digunakan melalui data primer : wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan pita rekaman, sedangkan data sekunder : melalui studi kepustakaan. Uji keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi: peningkatan ketekunan dalam penelitian, menggunakan bahan referensi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terjadi antara pementor dengan peserta adalah pola komunikasi linier dan pola komunikasi sirkular. Pada pola komunikasi linier terjadi ketika seorang pementor memberikan arahan dan materi didalam setiap kegiatan mentoring. Sedangkan pola komunikasi sirkular terjadi pada saat diskusi dan tanya jawab dari peserta kepada pementor atau dari pementor kepada peserta yang dilakukan pada saat setelah pemberian materi.