STRATEGI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI OBJEK WISATA ALAM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @visitBengkulu)
Main Authors: | Rahmania, Fitri, Gushevinalti, Gushevinalti, Yulianti, Yulianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/19374/1/skripsi.pdf http://repository.unib.ac.id/19374/ |
Daftar Isi:
- Penelitian yang berjudul „Strategi Instagram Sebagai Media Informasi Objek Wisata Alam (Studi Deskriptif Kualitatif Pada akun Instagram @VisitBengkulu)‟ bertujuan untuk mengetahui strategi akun Instagram @VisitBengkulu oleh followers-nya dalam menjadikan akun tersebut sebagai informasi wisata alam berdasarkan hasil wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah @VisitBengkulu.Dalam penelitian ini di tetapkan dengan 4 orang 1 admin informan kunci dan 3 orang informan pendamping yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling.Fokus penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi akun Instagram @VisitBengkulu menjadi media informasi wisata alam. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara offline yang dilakukan secara bertatap muka dan online mengamati Instagram yang informan miliki secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa @VisitBengkulu telah melakukan kegiatan promosi wisata alam dengan melalui Instagram untuk meningkatkan wisatawan di Indonesia baik dalam negeri maupun mancanegara. @VisitBengkulu memiliki beberapa tahapan strategi komunikasi yang mampu mempermudah @VisitBengkulu mencapai tujuan. Tahapan yang dilakukan adalah Pola Update, Interaksi dengan Follower, penulisan caption, sasaran posting, konsistensi posting, daya tarik posting, sumber posting, dan etika repost. Tahapan pembuatan strategi komunikasi dalam akun @Visitbengkulu untuk mensuskseskan penyampaian informasi dan untuk memikat follower atau khalayaknya.