PENGARUH KUALITAS SIARAN BERITA NET.TV TERHADAP PENGETAHUAN SISWA JURUSAN BROADCASTING SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sytiawan, Dede, Azhar, Marwan, Andy, Makhrian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/19333/1/SKRIPSI%20-%20DEDE%20SYTIAWAN%20%28D1E014042%29.pdf http://repository.unib.ac.id/19333/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara faktualitas dan keberimbangan berita dalam mempengaruhi pengetahuan siswa jurusan broadcasting SMK negeri 3 kota Bengkulu, untuk lebih mengetahui tentang peristiwa yang terjadi di sekitar/lokal, nasional dan internasional. Penelitian ini menggunakan kuisioner tertutup dalam pengumpulan data serta studi kepustakaan dan referensi lainnya yang berkaitan dengan masalah penelitian. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa/siswi jurusan broadcasting SMK Negeri 3 kota Bengkulu yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria merupakan siswa kelas XII jurusan broadcasting SMK Negeri 3 kota Bengkulu dan pernah menonton program siaran berita di NET.TV, selanjutnya analisis data menggunakan uji statistik analisis regresi linier berganda (uji F dan uji T). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui faktualitas dan keberimbangan berita memiliki pengaruh secara simultan (Uji F) terhadap pengetahuan siswa. Kemudian secara parsial (Uji T) hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Thitung pada variabel X1 (faktualitas) sebesar 2,46452372, sedangkan ttabel sebesar 2,01174 dan Thitung pada variabel X2 (keberimbangan berita) sebesar – 1,91992251 sedangkan ttabel sebesar 2,01174. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil dari faktualitas dan keberimbangan berita secara parsial (Uji T) hipotesis kerja (HK) untuk variabel faktualitas diterima yang berarti terdapat pengaruh positif, sedangkan untuk variabel keberimmbangan berita (X2) Hipotesis Kerja (HK) ditolak artinya tidak ada pengaruh, namun secara simultan kedua variabel tersebut mempengaruhi pengetahuan siswa.