ANALISIS STRATEGI POSITIONING, DIFFERENTIATION AND BRANDING (PDB) RBTV DAN TVRI BENGKULU (Studi pada Tagline “Camkoha” RBTV dan “Besamo Kito Maju” TVRI BENGKULU)

Main Authors: Yusuf, Abdurrahman, Wahyu, Widiastuti, Andy, Makhrian
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/19322/1/Skripsi_ABDURRAHMAN%20YUSUF.pdf
http://repository.unib.ac.id/19322/
Daftar Isi:
  • Komunikasi pemasaran adalah proses penyebaran informasi tentang suatu perusahaan dan apa yang hendak ditawarkannya pada pasar/ target sasaran. Salah satu strategi pemasaran bisa menggunakan Teori Positioning, Differentiation and Branding (PDB) milik Hermawan Kertajaya.Salah satu strategi PDB yang menjadikan perusahaan terkenal dan memiliki brand adalah melalui tagline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Positioning, Differentiation and Branding (PDB) yang dilakukan oleh stasiun televisi RBTV dan TVRI Bengkulu dalam menciptakan strong brand bagi masyarakat terutama penonton Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, untuk menentukan informan pokok penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun kriteria informan pokok adalah orang yang mengetahui langsung seluruh kegiatan di stasiun televise yaitu Pimpinan dan Kepala Seksi Program dari RBTV dan TVRI Bengkulu, Informan Warga yang menerima dan melihat langsung apa yang dilakukan RBTV dan TVRI Bengkulu serta Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang paham dan mengerti dengan komunikasi pemasaran termasuk juga strategi PDB. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada para informan didapat data bahwa semakin baik strategi PDB yang dilakukan stasiun televise baik melalui program acara dan juga melalui tagline akan memberikan efek dan berdampak positif terhadap kekuatan brand dari stasiun televise di mata masyarakat. Penetapan positioning awal yang tepat diperkuat dengan tagline yang dimiliki serta diferensiasi yang unik akan menghasilkan brand image dan brand identity yang kuat. Berdasarkan hasil wawancara dan hasil pengamatan dapat dikatakan bahwa pengelolaan strategi PDB yang dilakukan RBTV terlihat lebih serius dibandingkan TVRI Bengkulu.