IMPLEMENTASI RETRIBUSI PELAYANAN PARKIR TEPI JALAN UMUM DI KAWASAN PARKIR PANTAI JAKAT KOTA BENGKULU

Main Authors: Fernandus, Yogi, Achmad, Aminudin, Alimansyah, Alimansyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/19275/1/Skripsi%20YOGI%20FERNANDUS.pdf
http://repository.unib.ac.id/19275/
Daftar Isi:
  • Salah satu sumber pendapatan daerah yang potensial adalah retribusi parkir. retribusi parkir ini dianggap potensial karena dapat menmberikan pendapatan bagi daerah itu sendiri. Asal dikelola dengan baik dan maksimal . Dalam perkembangan kota Bengkulu dari tahun ke tahun semakin banyak perubahan terhadap pola hidup masyarakat hal ini berpengaruh pada sektor kepemilikan kendaraan di kota Bengkulu yang makin meningkat dimana setiap pemilik kendaraan menginginkan kemudahan untuk menjalankan aktifitasnya. Serta, yang pastinya meningkat pula kebutuhan masyarakat akan lahan atau ruang parkir. Tujuan dari penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Retribusi Pelayanan Parkir Tepi Jalan Umum Di Kawasan Pantai Jakat Kota Bengkulu yang telah dilakukan oleh UPTD Parkir Dinas Perhubungan Kota Bengkulu. penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta menggunakan aspek dari teori dari Ripley dan Franklin, yang mengatakan bahwa ada 3 (tiga) indikator keberhasilan implementasi yakni; Tingkat kepatuhan pada ketentuan yang berlaku, Lancarnya pelaksanaan rutinitas fungsi dan Terwujudnya kinerja dan dampak yang dikehendaki. Dalam penelitian ini informan terdiri dari 9 orang yakni 1 orang dari pihak UPTD Parkir Dinas Perhubungan Kota Bengkulu, 3 orang petugas parkir pantai jakat dan 5 orang pengguna jasa parkir yang ada di pantai jakat kota Bengkulu . Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian bahwa implementasi kebijakan retribusi parkir tepi jalan umum di kawasan pantai jakat kota Bengkulu belum berjalan dengan baik. Dimana, Masih adanya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh petugas parkir seperti tidak menyerahkan karcis parkir,tidak memakai atribut parkir seperti rompi parkir, pemungutan retribusi diluar peraturan yang berlaku serta kurangnya pengawasan yang dilakukan oleh pihak yang berwenang mengenai pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pihak petugas parkir serta kurangnya fasilitas kegiatan penunjang perparkiran seperti saluran pembunagan air, lampu penerangan lahan parkir yang telah rusak dan hilang ataupun fasilitas lainya yang dapat menunjang pencapaian target yang telah ditetapkan dan terwujudnya kinerja dan dampak yang dikehendaki.