PELAKSANAAN PEMBERIAN SANTUNAN KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS JALAN (KLAIM) PT. JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG BENGKULU
Main Authors: | AFRIANITA, WENNY, Sugeng, Suharto, Alimansyah, Alimansyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/19271/1/Skripsi%20Wenny%20Afrianita.pdf http://repository.unib.ac.id/19271/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran Pelaksanaan Pemberian Santunan Korban Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (Klaim) PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Aspek penelitian diambil dari Teori Zeithaml dkk, dalam buku (Hardiansyah 2011:46-47) tentang dimensi pelayanan publik sejalan dengan Kepmenpan No. 63 tahun 2003 tentan prinsip pelayanan publik dan sesuai dengan SOP Jasa Raharja yang terdiri dari: Proses Pelayanan Santunan, Waktu Pelayanan Santunan, Biaya santunan yang dikeluarkan, serta perlengkapan sarana dan prasarana. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 6 Agustus-6 September 2018. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Untuk informan penelitian menggunakan teknik Purposive sampling. Informan penelitian adalah pegawai pemberi pelayanan santunan, masyarakat yang menerima santunan, serta masyarakat yang ingin mengajukan santunan. Analisis data dilakukan berdasarkan teknik kualitatif deskriptif mulai dari reduksi data, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dilihat dari empat aspek yaitu, Pertama, proses pelayanan santunan sudah sesuai dengan SOP di Jasa Raharja, Kedua, Lama waktu Pelayanan Santuanan sudah efisien, Ketiga, Biaya Santunan yang dikeluarkan sesuai dengan peraturan yang berlaku, Keempat, Perlengkapan sarana dan prasarana sudah memadai dan lengkap. Dari empat aspek tersebut sesuai dengan prinsip pelayanan publik, diharapakan semua pelayanan yang diberikan PT. Jasa Raharja menjadi lebih baik dan santunan yang diberikan juga diharapkan bisa membantu korban yang mengalami musibah kecelakaan sehingga peran Jasa Raharja tersebut tercapai sesuai Motto Jasa Raharja yaitu Utama dalam Perlindungan Prima dalam Pelayanan.