ANALISIS PERILAKU BIROKRASI PADA PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BENGKULU

Main Authors: Indah, Tri Permata, Jarto, Tarigan, Suratman, Suratman
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/19268/1/ANALISIS%20PERILAKU%20BIROKRASI%20PADA%20PELAYANAN%20PEMBUATAN%20E.pdf
http://repository.unib.ac.id/19268/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Analisis Perilaku Birokrasi Pada Pelayanan Pembuatan EKTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku birokrasi pegawai dalam memberikan layanan pembuatan E-KTP. Adapun aspekaspek yang diteliti yaitu (1)Perilaku birokrasi berprinsip rasionalitas dan universal (2) Perilaku birokrasi berprinsip hirarki (3) Perilaku birokrasi berprinsip diskresi. Kemudian metode penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan responden dengan menggunakan teknik purposive sampling ,sampel yang diambil sebanyak 11 orang dengan ketentuan informan adalah masyarakat dan pegawai Disdukcapil yang dianggap paling memahami tentang apa yang ingin diketahui. Dan adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian : (1) Perilaku birokrasi berprinsip rasionalitas dan universal kegiatan pelayanan sudah berdasarkan aturan-aturan yang berlalu tetapi masih terdapat tindak diskriminatif (2) Perilaku birokrasi berprinsip hirarki dalam pendelegasian tugas sudah tepat tetapi dalam kegiatan layanan sehari-hari masih terdapat tugas ganda karena masih kurangnya SDM (3) Perilaku birokrasi berprinsip diskresi dalam menggunakan kekuasaan masih terdapat penyalahgunaan kekuasaan yang merugi masyarakat seperti masih dibiarkan adanya calo.