ANALISIS PELAYANAN PENGURUSAN E-KTP DI KANTOR CAMAT MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU
Main Authors: | ARDIANTO, TOMI, Djonet, Santoso, Alimansyah, Alimansyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/19267/1/SKRIPSI%20TOMI%20ardianto.pdf http://repository.unib.ac.id/19267/ |
Daftar Isi:
- Penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan aparatur pemerintahan masih dihadapkan pada pelayanan yang belum efektif dan efisien serta sumber daya manusia yang belum memadai, sehingga hal tersebutlah yang menjadi suatu alasan mengapa pelayanan publik disuatu instansi dibilang belum terlaksana dengan baik, terutama di Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa masih terdapat kendala dalam penerbitan e-KTP di Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan penelitian dalam penelitian ini ada 9 orang, terdiri dari 5 orang dari masyarakat selaku pengguna pelayanan dan 4 orang dari pegawai kecamatan selaku Pembuat Pelayanan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan publik di Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu yang dilihat dari aspek fasilitas fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap(responsiveness), jaminan (assurance) yaitu: (1) Bagian Pelayanan Umum di Kecamatan Muara Bangkahulu belum memiliki fasilitas pelayanan,yang lengkap, dikarenakan masih adanya kekurangan sarana yang mendukung, seperti kurangnya kursi, alat perekaman yang masih sering adanya gangguan, gangguan inilah yang menjadi penyebab masyarakat memandang aspek fisik atau wujud nyata dari pelayanan disini kurang baik. (2) Masyarakat masih terdapat keluhan dari masyarakat bahwa masih ada pegawai yang bertele-tele dalam memberikan pelayanan (Reliability).(3) Untuk masalah ketanggapan (Responsive) dari pegawai kecamatan sendiri masih terbilang cukup baik, karena masih sedikit adanya keluhan dari masyarakat pengguna pelayanan. (4) Jaminan (Assurance) dikantor ini sudah terbilang baik,dikarenakan Kantor kecamatan ini sudah bekerjasama dengan polsek yang posisinya berada tepat dibelakang kantor Camat tetapi dalam keramahan masyarakat masih terdapat keluhan seperti masih merasa tidak nyaman terhadap pegawai kantor yang membuat masyarakat terabaikan.