KUALITAS PELAYANAN REKOMENDASI IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DI WILAYAH KOTA BENGKULU
Main Authors: | Siagian, Theo Fanny Ananda, Djonet, Santoso, Budiyono, Budiyono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/19257/1/PDF%20SKRIPSI%20FANY.pdf http://repository.unib.ac.id/19257/ |
Daftar Isi:
- Kualitas pelayanan dalam pelayaanan sangatlah penting, baik dalm suatu organisasi maupun dalam sistem pemenrintahan. Oleh karena itu, kualitas pelayanan perizinan perlu diketahui agar dapat memenuhi kebutuhan publik dan pemerintahan. Skripsi ini berjudul “Kualitas Pelayanan Rekomendasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Di Wilayah Kota Bengkulu”. Adapun tujuan ari peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan rekomendasi izin mendirikan bangunan di wilayah Kota Bengkulu. Penelitian ii menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pemilihan 10 informan melalui teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam pnelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aspek-aspek yang dibahas dalam penelitian ini adalah prosedur pelayanan, waktu elayanan, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana prasarana pelayanan, dan kompetensi petugas pemberi layanan. Dari hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dapat dilihat dari prosedur pelayanan yang ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bengkulu sudah jelas tapi masih ada keluhan dari masyarakat karena kurang informasi maka prosedur pelayanan cukup baik, dilihat dari waktu pelayanan belum berkualitas karena masih ada keterlambatan penyelesaian dalam melakukan survey ke lokasi bangunan, dilihat dari biaya pelayanan telah baik karena telah sesuai dengan aturan yang ada yakni tidak dikenakan biaya di DPUPR Kota Bengkulu, dilihat dari produk pelayanan telah baik karena tidak ada keluhan dari masyarakat terkait produk pelayanan, dilihat dari sarana prasarana pelayanan telah baik karena tidak ada keluhan dari masyarakat mengenai sarana prasarana pelayanan, dan dilihat dari kompetensi petugas pemberi layanan tergolong baik karena petugas pemberi layanan berusaha bersikap seprofesional mungkin dalam melayani masyarakat. Dari beberapa aspek tersebut bahwa kualitas pelayanan rkomendasi izin mendirikan bangunan di wilayah Kota Bengkulu belum berkualitas karena masih ada keterlambatan waktu penyelesaian rekomendasi izin mendirikan bangunan. Maka sangat dibutuhkan motivasi di DPUPR Kota Bengkulu agar tidak terjadi keterlambatan dalam penyelesaian rekomendasi izin tersebut.