Tingkat Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan E-ktp di Kota Bengkulu(Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil)

Main Authors: Arinda, Safitridia, Sugeng, Suharto, Adityo, Pratikno Ramadhan
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/19246/1/SKRIPSI%20FITRI.pdf
http://repository.unib.ac.id/19246/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Tingkat Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan E-ktp diKota Bengkulu” dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat kepuasan masyarakat dalam pelyanan e-ktp di Kota Bengkulu yang di lakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yaitu kuantitatif dengan menggunakan survey dimana pengumpulan datanya menggunakan kuisioner dan dokumentasi guna untuk memperoleh data-data yang diperlukan untuk mengkaji penelitian. Responden penelitian ini yaitu sebanyak 50 responden yaitu masyarakat yang sedang melakukan pelayanan E-ktp. Hasil penelitian tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan eE-ktp di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu mengunakan 10 indikator yaitu prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kepastian jadwal pelayanan, kenyaman lingkungan dan kepastian biaya pelayanan. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk indikator prosedur pelayanan belum bisa dikatakan baik dan tidak baik, persyartan pelayanan belum bisa dikatakan baik dan tidak baik, kedisiplinan petugas belum bisa dikatakanbaik dan tidak baik, tanggung jawab petugas belum bisa dikatakan baik dan tidak baik, kecepatan pelayanan belum bisa dikatakanbaik dan tidak baik, keadilan mendapatkan pelayanan belum bisa di katakan baik dan tidak baik, kesopanan dan keramahan belum bisa dikatakan baik dan tidak baik, kepastian jadwal pelayanan belum bisa dikatakan baik dan tidak baik, kenyaman lingkungan belum bisa dikatakan baik dan tidak baik dan kepastian biaya pelayanan sudah dikatakan sangat baik karena dengan biaya yang gratis. Dari beberapa temuan diatas maka peneliti menyimpulkan bahwa kepuasan masyarakat sudah cukup baik karena sudah sedikit sesuai dengan kepuasan masyarakat.