PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF PEMENTOR TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Aplikasi pada Program IIESQ untuk Siswa Muslim di SMAN 6 Kota Bengkulu)
Main Authors: | Wandoko , Rio, Dwi , Adji Budiman, Mas, Agus Firmansyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/1924/1/RIO%20WANDOKO%20%28komunikas%29i%20FE-2.pdf http://repository.unib.ac.id/1924/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul Pengaruh Komunikasi Persuasif Pementor terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa (Aplikasi Pada Program IIESQ untuk Siswa Muslim di SMAN 6 kota Bengkulu). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komunikasi Persuasif Pementor terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Adapun pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, wawancara serta studi pustaka.Populasi pada penelitian ini adalah siswa muslim kelas XI dan XII SMA N 6 kota Bengkulu yang telah mengikuti program Integration Intellectual Emotional Spiritual Quotient (IIESQ) minimal selama satu tahun. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik ClusterProportional Random Sampling Berimbang, yaitu pengambilan sampel yang ada di setiap kelas populasi secara berimbang dengan kriteria sampel yang telah ditentukan, dengan jumlah 40 siswa. Analisis data dilakukan dengan mengunakan korelasi Product Moment, uji korelasi ganda 2 prediktor dan uji persamaan regresi. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, terdapat pengaruh siginfikan antara Kredibilitas Pementor (X ) terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa (Y), dengan persentase pengaruh 37,95%. Pada variabel X 1 juga terdapat pengaruh yang signifikan antara pesan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, dengan persentase pengaruh 37,25%. Hal ini juga dideskripsikan dalam bentuk grafik persamaan regresi untukmasing- masing variabel. Dalam penghitungannya, variabel Kredibilitas Pementor lebih besar pengaruhnya dibanding variabel Pesan dalam mempengaruhi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Secara keseluruhan, berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji regresi ganda 2 prediktor, maka hipotesis kerja (Hk) diterima dan Hipotesis Nol (H0) ditolak, dengan persentase pengaruh sebesar 24,01%. Artinya, hasil perhitungan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Komunikasi Persuasif Pementor terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. 2