MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI KEGIATAN BERKEBUN PADA ANAK KELOMPOK B PAUD TERPADU WITRI 1 KOTA BENGKULU

Main Authors: Karnila, Karnila, M. Nasirun, M. Nasirun, Wembrayarli, Wembrayarli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/19234/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/19234/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak melalui kegiatan berkebun pada kelompok B PAUD Terpadu Witri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan pada masing-masing siklus. Subjek dalam penelitian yaitu anak kelompok B5 PAUD Terpadu Witri 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 10 orang anak yang terdiri dari 3 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Data kecerdasan naturalis didapat dengan statistik dan persen data guru dengan rata-rata. Hasil penelitian membuktikan bahwa melalui kegiatan berkebun dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak yang dibuktikan dengan hasil analisis siklus I yaitu 3,36 dengan kriteria cukup dan siklus II yaitu 4,8 dengan kriteria baik. Kelemahan dari penelitian ini adalah menggunakan pot yang kecil, oleh karena itu, peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian berkebun ditanah yang sesungguhnya. Kata Kunci : Kecerdasan Naturalis, Berkebun