STRATEGI PROMOSI OBJEK WISATA DINAS PARIWISATA KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sumanti, Putri Iis, Lipneldi, Lipneldi, Alimansyah, Alimansyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/19227/1/SKRIPSI_PUTRI%20IIS%20SUMANTI_D1D014104.pdf http://repository.unib.ac.id/19227/ |
Daftar Isi:
- Dalam peningkatan potensi pariwisata di Kota Bengkulu, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata berupaya lebih maksimal mengembangkan sektor pariwisata. Untuk itu kemampuan mengolah sumber daya alam khususnya pariwisata akan sangat menentukan peningkatan pendapatan daerah. Salah satu hal terpenting bagi Dinas Pariwisata Kota Bengkulu saat ini adalah masyarakat luas mengetahui segala informasi mengenai objek wisata tersebut. Oleh karena itu sangat perlu untuk mengkomunikasikannya kepada khalayak banyak atau masyarakat. Hal ini dilakukan dengan berbagai macam bentuk pemasaran dan promosi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang apa strategi Dinas Pariwisata dalam mempromosikan objek wisata di Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Didalam penelitian ini menggunkan aspek-aspek yang akan diteliti berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Hadinoto (1996:31) terdiri dari lima komponen yaitu Atraksi wisata, Promosi wisata, struktur pasar, transportasi, serta fasilitas dan pelayanan wisata. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam memperkenalkan dan menggalakkan wisata pemerintah telah melakukan beberapa upaya promosi wisata, pembangunan sarana dan prasarana menuju tempat wisata, dan penyediaan akomodasi yang memadai berupa hotel dan akomodasi lainnya. Seiring dengan upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah masih terdapat beberapa kendala terkait yakni berbagai masalah seperti dana yang terbatas salah satu contohnya sehingga strategi yang diterapkan tersebut belum mampu memberikan hasil yang maksimal.