ANALISIS KEPUASAN KLAIMEN ATAS PELAYANAN SANTUNAN ASURANSI KECELAKAAN LALU LINTAS JALAN DI PT. JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG BENGKULU

Main Authors: HARDIYANTO, MARCHEL, Djonet, Santoso, Yorry, Hardayani
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/19206/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/19206/
Daftar Isi:
  • Pelayanan merupakan tugas utama yang hakiki dari sosok aparatur, sebagai abdi Negara dan dimasyarakat dalam hal ini adalah pelayanan yang diberikan oleh PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Bengkulu.Tujuan dilakukannya penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan klaimen atas pelayanan santunan asuransi kecelakaan lalu lintas jalan di PT. Jasa Raharja (Persero ) Cabang Bengkulu.Penulis memilih menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode statistik deskriftif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran kuisioner. Hal ini dilakukan dilapangan atau lokasi penelitian.Penelitian ini mengambil sampel dari seluruh populasi klaimen pada tahun 2017 khusus Kota Bengkulu sebanyak 57 orang.Indikator penelitian ini terdiri dari Tangibel, Reliability, Responsivennes, Assurance, dan Emphaty terhadap klaimen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan klaimen atas pelayanan santunan asuransi kecelakaan lalu lintas jalan di PT. Jasa Raharja (Persero ) Cabang Bengkulu, sama sekali tidak menunjukan perbedaan yang beragam didasarkan pada tingkat pendidikan, jenis kelamin, dan usia. Kecenderungan kepuasan klaimen atas indikator Tangibel (Sarana Fisik) dengan persentase sebesar 94% puas, Reliability (Kehandalan) dengan persentase sebesar 60% puas, Responsivennes (Ketanggapan) dengan persentase sebesar 58% cukup, Assurance (Jaminan) dengan persentase sebesar 56% cukup, dan Emphaty (Empati ) dengan persentase sebesar 53% cukup. Secara umum tingkat kepuasan klaimen atas pelayanan santunan kecelakaan lalu lintas jalan di PT. Jasa Raharja (Persero ) Cabang Bengkulu merasa puas, bagi pegawai Jasa Raharja diharapkan tetap menjaga kualitas pelayanan yang di berikan dan dapat meningkatkan nya lagi serta diharapkan PT. Jasa Raharja (Persero ) Cabang Bengkulu terus dan lebih giat lagi untuk mempublikasikan tentang Jasa Raharja dan menginformasikan lagi persyaratan dan proses untuk mengajukan santuanan asuransi kecelakaan lalu lintas jalan.