EFEKTIVITAS PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) RODA DUA PADA KANTOR SAMSAT KOTA BENGKULU
Main Authors: | PRATIWI, LENA MARITA, Achmad, Aminudin, Alimansyah, Alimansyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/19201/1/LINA%20MARITA%20OK.pdf http://repository.unib.ac.id/19201/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Efektivitas Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB ) Roda Dua Pada Kantor Samsat Kota Bengkulu”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pelayanan yang diberikan oleh pegawai Samsat Kota Bengkulu dan Apa saja hambatan yang dihadapi dalam pelayanan pajak kendaraan bermotor tersebut”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang efektivitas pelayanan dan kualitas pelayanan pajak kendaraan bermotor pada Kantor Samsat Kota Bengkulu serta kendala yang dihadapi dalam mewujudkan pelayanan yang baik kepada masyarakat Kota Bengkulu khususnya wajib pajak kendaraan roda dua. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan menggunakan teknik purposive samling (sampel bertujuan ) yaitu teknik pengambilan sampel penelitian dengan pertimbangan tertentu. Populasi yang diambil dan dirasa dapat mewakili sekian banyak responden yang ada dan mengetahui persis mengetai pajak kendaraan bermotor. Kemudian informan ditetapkan sebanyak 8 orang yang dipilih berdasarkan yang dirasa banyak mengetahui dan terlibat langsung dalam proses pelayanan pembayaran PKB serta kendala yang dihadapinya. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa pelayanan PKB roda dua pada kantor Samsat Kota Bengkulu cukup baik kendala yang dihadapi karena kesadaran masyarakat timbul hanya karena takut razia dan berhubungan dengan birokrasi pemerintah. Adapun kegiatan-kegiatan dikantor Samsat untuk meningkatkan pelayanan publik adalah pelaksanaan sistem online dan memberikan pelayanan prima serta dalam bentuk kebijakan yang dirumuskan yaitu razia terpadu, pendirian Samsat keliling, pendirian Samsat di tempat strategis, dan pemberian Keringanan. Pelayanan di kantor Samsat menggunakan sistem loket sebagai tempat pelayanan terpadu dalam membantu masyarakat membayar pajak.