ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN KERUPUK UBI KAYU DI DESA M. SITIHARJO KECAMATAN TUGUMULYO KABUPATEN MUSIRAWAS
Main Authors: | Sanni, Yulia Efrida, Nyanyu, Neti Arianti, Agus, Purwoko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/19154/1/SKRIPSI%20YULIA%20EFRIDA%20SANNI_E1D014122.pdf http://repository.unib.ac.id/19154/ |
Daftar Isi:
- Indonesia merupakan negara agraris, hal ini sangat mendukung masyarakat indonesia yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Tanah indonesia yang subur ini sangat memadai untuk melakukan cocok tanam. Hasil-hasil pertanian merupakan produk-produk yang daya tahan simpannya cukup rentan atau tidak tahan lama, oleh sebab itu banyak pelaku usaha yang mengolah hasil pertanian tersebut menjadi produk olahan yang bernilai ekonomis tinggi. Salah satu komoditi pertanian yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk olahan adalah ubi kayu. Peluang untuk mengembangkan industri pengolahan hasil ubi kayu cukup luas dan menjanjikan. Ubi kayu dapat diolah menjadi berbagai macam (jenis) makanan, seperti keripik, eyek-eyek, opak dan gethuk. Di Desa M.Sitiharjo pelaku usaha mendirikan home industry berbasis ubi kayu dengan hasil olahannya yaitu keripik, kerupuk, eyek-eyek, opak dan kelanting. Namun yang menjadi produk unggulan di desa tersebut adalah kerupuk, sebagian besar pelaku usaha bahkan hampir semua pelaku usaha membuat olahan kerupuk ubi kayu dan produksinya hampir setiap hari. Artinya kerupuk menjadi produk olahan yang paling diminati oleh konsumen. Konsumen merupakan pusat perhatian pemasaran, dimana peran konsumen sangat berpengaruh dalam pemasaran suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen kerupuk ubi kayu di Desa M. Sitiharjo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musirawas dan untuk menganalisis perilaku konsumen kerupuk ubi kayu di Desa M. Sitiharjo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musirawas. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 02 Mei-25 Mei 2018 di Desa M.Sitiharjo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musirawas yang dipilih secara sengaja (purposive). Dengan pertimbangan, bahwa di daerah tersebut masyarakatnya merupakan pelaku usaha home industry berbasis ubi kayu dan didominasi oleh produk olahan kerupuk ubi kayu. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan accidental sampling, jumlah responden sebanyak 96 responden yang dibagi menjadi dua macam konsumen, yaitu konsumen pedagang dan konsumen rumah tangga. Metode analisis data yang digunakan untuk melihat sikap dan perilaku konsumen kerupuk ubi kayu adalah analisis deskriptif dan analisis multi atribut fishbein. Konsumen pedagang dan rumah tangga memiliki sikap yang positif terhadap berbagai atribut yang melekat pada kerupuk ubi kayu. Atribut-atribut yang melekat pada kerupuk ubi kayu adalah rasa, harga, kemasan, warna, daya tahan simpan dan ketersediaan. Nilai total sikap konsumen pedagang dan rumah tangga adalah 7,81 dan 8,47 yang bernilai sangat positif. Adapun nilai perilaku konsumen pedagang dan rumah tangga adalah 6,52 dan 7 yang bernilai positif. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu sikap konsumen dan norma subjektif. Norma subjektif didalamnya terdapat keyakinan normatif dan motivasi. Nilai perilaku konsumen menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang konsisten antara sikap (Ao) dan perilaku (B). Kata Kunci : Kerupuk Ubi Kayu , Konsumen Pedagang, Konsumen Rumah Tangga, Sikap dan Perilaku Konsumen, Multi Atribut Fishbein.