ANALISIS STRATEGI PEMASARAN ALLBAIK CHICKEN DI KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU

Main Authors: Ningsih, Yeni Maria, Redy, Badrudin, Bambang, Sumantri
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/19151/1/YENI%20MARIA%20NINGSIH.pdf
http://repository.unib.ac.id/19151/
Daftar Isi:
  • Allbaik Chicken merupakan binis restoran waralaba yang sedang berkembang di Kota Bengkulu yang dikenal dengan ayam gorengnnya dan produk-produk lainnya. Allbiak Chicken ini sedah memilki beberapa cabang di beberapa titik tempat yang ada di Kota Bengkulu diantaranya yaitu di Pagar Dewa, Sawah Lebar, Lingkar Barat, Kandang Limun dan Kampung bali. Selain di Kota Bengkulu Allbaik Chicken ini sudah memperluas cabangnya di luar Kota Bengkulu yaitu di Kabupaten Muko-muko. Tempat tempat ini di pilih oleh Allbaik Chicken kerena tempat-tempat tersebut merupakan titik tempat yang cukup strategis untuk dijadikan tempat untuk membuka usaha. Tempat ini dikatakan strategis karena tempat-tempat ini berda di dekat titik perkumpulan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman bagi pemasaran Allbaik Chicken dan memformulasikan alternatif strategi yang tepat bagi pemasaran Allbaik Chicken. Metode yang digunakan yaitu matriks IFE (internal factor evaluation) dan matriks EFE (external factor evaluation) dan matriks SWOT. Faktor-faktor yang sudah teridentifikasi kemudian dimasukan ke matriks IFE dan EFE untuk mengetahui bobot dan rating dari masing-masing faktor. Faktor internal yang sudah di seleksi berdasarkan nilai skor bobot yang diperoleh pada faktor kekuatan yaitu kualitas produk/menu. Faktor kelemahan yaitu kurangnya promosi/iklan. Sedangkan untuk faktor eksternal pada peluang yaitu lokasi yang terjangkau. Faktor kelemahannya yaitu penyedia bahan baku yang jauh. Pada matriks SWOT didapatkan 6 alternatif strategi. Kata Kunci : Strategi Pemasaram, Faktor Internal dan Eksternal, SWOT.