ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN ROTI K ETAWA SAMBO “AYAM ROKET” DI PEMATANGSIANTAR SUMATERA UTARA

Main Authors: Simaremare, Marsinta Y.M, Agus, Purwoko, Irnad, Irnad
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/19137/1/pdf%20skripsi%20marsinta%20e1d014041.pdf
http://repository.unib.ac.id/19137/
Daftar Isi:
  • Indonesia dikaruniai potensi sumber daya alam yang tinggi, warisan budaya berupa makanan tradisional banyak terdapat di seluruh daerah Nusantara. Makanan tradisional adalah makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat tertentu, dengan cita rasa khas yang diterima oleh masyarakat tersebut. Masyarakat masih harus melakukan pemenuhan berbagai macam kebutuhan antara lain kebutuhan variasi makanan. Selain makanan pokok masyarakat juga mengkonsumsi makanan tambahan yang disebut sebagai makanan cemilan dan salah satunya adalah jajanan tradisional. Jajanan tradisional biasannya terbuat dari bahan dasar tepung. Di Pematangsiantar terdapat salah satu tempat penjualan roti ketawa yang populer memiliki arti yang lucu dengan makanan olahan khas. Roti ini jarang dikenal oleh masyarakat wilayah di Indonesia bagian barat tetapi mereka yang berasal dari Pematangsiantar atau Sumatera Utara pastilah mengenal baik makanan khas tradisional ini. Masyarakat banyak menjadikan Roti Ketawa sebagai buah tangan dari Pematangsiantar. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis sikap konsumen terhadap pembelian Roti Ketawa Sambo “A yam R oket ”. 2) Menganalisis perilaku konsumen terhadap pembelian R oti Ketaw a S ambo “A ya m R oket” . Penelitian ini dilaksanakan pada 06 Juni 2018-06 Juli 2018 di Toko R oti Ketawa S ambo “A ya m R oket” di Jalan Asahan simpang Sambo, Pematangsiantar Sumatera Utara yang dipilih secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa tersedianya Roti Ketawa Sambo “Ayam Roket” yang menjadi objek penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Accidental Samplingyaitu sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan untuk melihat sikap dan pe rilaku konsum en R oti Ketawa S ambo “A yam R oket” Di Pematangsiantar Sumatera Utara ini menggunakan analisis deskriptif, skala likert, dan analisis multi atribut fishbein. Konsumen R oti Ketaw a S ambo “A ya m R oke t” memil iki sikap ya n g posi ti f terhadap atribut-atribut ya n g ada didalam R oti Ketawa S ambo “A yam R oket”. Adapun atribut-atribut yang ada didalamnya yaitu rasa, tekstur, harga, merek, kemasan, bentuk/ciri khas tradisional, daya tahan penyimpanan, pelayanan, dan tempat/lokasi penjualan. Nilai total sikap konsumen yaitu sebesar 9,13 berarti positif, karena konsumen setuju dengan atribut-atribut yang ada didalamnya. Sedangkan nilai untuk perilaku konsumen adalah sebesar 4,95 hal ini menunjukan bahwa perilaku konsumen positif terhadap Roti Ketawa S ambo “A yam R oket”. p erilaku konsum en dipen garuhi oleh 2 f aktor yait u sikap konsum en dan norma subjektif, didalam norma subjektif terdapat keyakinan normatif dan dan motivasi, didalamnya keyakinan normatif dan motivasi terdapat atribut didalamnya yaitu keluarga, teman, dan orang lain. Hasil yang positif tersebut menunjukkan bahwa perilaku konsum en terhadap R oti Ketawa S ambo “A ya m R oket” adalah lo yal. Hal ini berarti, konsumen akan datang membeli dan men gons umsi lagi R oti Ketawa S ambo “A yam R oket”, dimana diantar a sikap dan perilakun ya ter dapat kons ist ensi. Kata Kunci : R oti Ketawa S ambo “A ya m R oket”, S ikap, P erilaku K onsum en, Like rt, Fishbein