ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PETERNAK AYAM RAS PEDAGING (BROILER) MITRA TERHADAP PELAYANAN PT. SEMESTA MITRA SEJAHTERA DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN
Main Authors: | Yusvitasari, Erni, Reswita, Reswita, Apri, Andani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/19131/1/Skripsi_Erni%20Yusvitasari_E1D014133.pdf http://repository.unib.ac.id/19131/ |
Daftar Isi:
- Peternakan merupakan salah satu sektor usaha yang banyak dilakukan oleh penduduk di berbagai belahan dunia. Usaha peternakan khususnya usaha kecil dan menengah banyak dilakukan oleh masyarakat, utamanya di Indonesia. Usaha skala besar inilah pemicu persaingan pasar sehingga usaha ternak besar menguasai harga pasar dan skala kecil atau peternak rakyat menjual hasil ternaknya dengan harga di bawah biaya produksi. Untuk membantu peternak dalam mengatasi permasalahan tersebut, maka pemerintah melalui UU No. 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, pasal 30 ayat 1 menganjurkan peternak dapat melakukan kemitraan usaha di bidang budidaya ternak berdasarkan perjanjian yang saling memerlukan, memperkuat dan menguntungkan. Kemitraan merupakan kerjasama antara usaha kecil dengan usaha menengah dan atau usaha besar dengan memperhatikan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat, dan saling menguntungkan. Sedangkan kemitraan juga sebagai suatu strategi bisnis yang dilakukan dua pihak atau lebih, dalam jangka waktu tertentu untuk meraih keuntungan bersama dengan prinsip saling membutuhkan dan saling membesarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kinerja dan kepentingan yang terdapat pada pelayanan PT. Semesta Mitra Sejatera dan untuk menganalisis tingkat kepuasan peternak ayam ras pedaging (Broiler) terhadap pelayanan PT. Semesta Mitra Sejahtera. Metode analisis yang digunakan adalah metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan hasil penelitian perhitungan Importance Performance Analysis (IPA) dapat disimpulkan bahwa berdasarkan tingkat kinerja dan kepentingan yang harus dipertahankan adalah penanganan resiko produksi dan yang perlu ditingkatkan kinerjanya adalah kualitas sapronak, penerapan harga sapronak, pemberian bonus dan kecepatan pembayaran hasil produksi. Rata-rata peternak plasma puas terhadap pelayanan PT. Semesta Mitra Sejahtera ini terlihat dari nilai Customer Satisfactin Index (CSI) sebesar 72.09%. Kata Kunci: PT. Semesta Mitra Sejahtera, IPA, CSI, Kepuasan Peternak