ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP ROTI O DI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Lorenza, Ayu, Putri, Suci Asriani, Nusril, Nusril |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/19121/1/SKRIPSI%20AYU%20LORENZA%20E1D014087.pdf http://repository.unib.ac.id/19121/ |
Daftar Isi:
- Sektor pertanian memegang peranan penting dari keseluruhan perekonomian nasional. Pada triwulan II (2017) sektor pertanian memberi kontribusi positif untuk perekonomian Indonesia yaitu sebesar 468,6 triliun. Pengembangan sektor pertanian merupakan salah satu strategi serta kunci dalam memacu pertumbuhan ekonomi pada masa yang akan datang. Agroindustri sebagai subsistem agribisnis mempunyai potensi sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi, karena memiliki peluang pasar dan nilai tambah yang besar. Salah satu komoditi pertanian yang diolah dan memiliki nilai tambah adalah gandum. Gandum dijadikan bahan dasar tepung terigu, merupakan sumber karbohidrat yang paling banyak digunakan untuk pengolahan berbagai bahan makanan salah satunya sebagai bahan dasar pembuatan roti. Roti menjadi makanan siap saji yang banyak dipilih masyarakat sebagai alternatif sumber kalori pengganti nasi dan sebagai camilan. Berbagai macam olahan roti yang berbahan dasar gandum salah satunya yang terdapat di Kota Bengkulu yaitu Roti O. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap dan perilaku konsumen Roti O di Kota Bengkulu. Penentuan lokasi penelitian yakni secara sengaja di Jl. K.H. Abidin II Pasar Minggu Bengkulu (Mega Mall). Penelitian dilaksanakan pada Bulan Agustus 2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis fishbein. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka didapatkan simpulan bahwa konsumen Roti O di Kota Bengkulu memiliki sikap yang positif terhadap atribut-atribut yang ada pada Roti O. Adapun atribut-atribut yang ada didalamnya yaitu rasa, tekstur, harga, ukuran/porsi, kemasan dan aroma. Nilai total sikap konsumen yaitu sebesar 7,74 (Ao>0) yang berarti positif, karena konsumen setuju dengan atribut-atribut yang ada didalamnya. Perilaku konsumen (B) dipengaruhi oleh dua faktor yaitu sikap total konsumen (Ao) dan norma subjektif (SN) dengan nilai 2,61. Hasil yang diperolah untuk perilaku konsumen adalah sebesar 5,68 hal ini menunjukkan bahwa perilaku konsumen positif terhadap Roti O di Kota Bengkulu. Hasil yang positif tersebut menunjukkan bahwa perilaku konsumen terhadap Roti O di Kota Bengkulu adalah loyal. Hal ini berarti, konsumen akan datang membeli dan mengkonsumsi lagi Roti O di Kota Bengkulu, dimana antara sikap dan perilakunya terdapat konsistensi. Kata kunci: Roti O Kota Bengkulu, Deskriptif, Fishbein, perilaku konsumen, sikap