EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DI UPTD BALAI PKB DINAS PERHUBUNGAN KOTA BENGKULU
Main Authors: | AYU, IIS SARI, Mirza, Yasben, Nursanty, Nursanty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18985/1/Skripsi%20IIS%20SARI%20AYU.pdf http://repository.unib.ac.id/18985/ |
Daftar Isi:
- Efektivitas dalam pelayanan sangatlah penting, baik dalam suatu organisasi maupun dalam sistem pemerintahan. Oleh karena itu, efektivitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor perlu diketahui agar dapat memenuhi kebutuhan publik dan pemerintahan. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah dimana salah satunya yaitu masih terdapat waktu yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pemilihan 10 informan melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aspek-aspek yang dibahas dalam penelitian ini adalah waktu pelayanan, kecermatan pelayanan, biaya pelayanan, dan gaya pemberian pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas pelayanan dapat dilihat dari waktu penyelesaian pelayanan sudah efektif karena sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, dilihat dari kecermatan pelayanan belum bisa dikatakan efektif karena masih terdapat kesalahan penulisan, dilihat dari biaya pelayanan telah efektif karena telah sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan, dilihat dari gaya pemberian pelayanan dimana masyarakat telah merasa puas dengan sikap pegawai dalam memberikan, maka dari itu gaya pemberian pelayanan telah efektif. Dari beberapa aspek tersebut bahwa efektivitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor di UPTD Balai PKB Dinas Perhubungan Kota Bengkulu belum sepenuhnya efektif karena masih ada kesalahan dalam penulisan. Maka sangat dibutuhkan lagi ketelitian agar tidak terjadi kesalahan penulisan tersebut.