PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELASIV SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU

Main Authors: Rahmawati, Nurul Lifa, Osa, Juarsa, Abdul, Muktadir
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18737/1/skripsi%20nurul%20l.pdf
http://repository.unib.ac.id/18737/
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture dengan Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-Adan IV-Byang terdiri atas 37 orang siswa pada masing-masing kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif. Untuk menganalis data digunakan rumus t-hitung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-hitung = 2,34 sedangkan nilai t-tabel = 1,667. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antarasiswayangdiajarkan dengan menggunakan model pictures and pictures dan examples non examples. Nilai rata-rata siswa kelas IV-A yang diajarkan dengan menggunakan model pictures and pictures sebesar 68,22 dan nilai rata-rata siswa kelas IV-B yang diajarkan dengan menggunakan amples non examples yaitu 59,03. Kata kunci: Examples non Examples,Picture and Picture dan hasil belajar PKn