PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sari, Melza Ayuni, Daimun, Hambali, Resnani, Resnani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18726/1/SKRIPSI%20MELZA%20AYUNI%20SARI%20%28A1G014006%29%20.pdf http://repository.unib.ac.id/18726/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas V SDN 68 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi adalah seluruh SDN di Kota Bengkulu yang berakreditasi A dan menggunakan kurikulum KTSP. Teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Sampel yang diperoleh adalah SDN 68 Kota Bengkulu kelas V B dan VA. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis berupa tes pilihan ganda. Data hasil penelitian ini menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t dengan yaitu thitung sebesar 2,43 dan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,04. Jadi dengan thitung (2,43) > ttabel (2,04). Nilai thitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas V di SDN 68 kota Bengkulu. Kata kunci: Media, Audio, visual, Kemampuan, Menyimak , cerita