PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU

Main Authors: Utami, Lusia, Wurjinem, Wurjinem, Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18721/1/SKRIPSI%20LUSIA%20UTAMI.pdf
http://repository.unib.ac.id/18721/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri Gugus III kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan metode eksperimen, dengan desain The matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi belajar, pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelas sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 57 Kota Bengkulu dan siswa kelas VB SDN 17 Kota Bengkulu. Hasil uji-t didapatkan thitung 5,3 > ttabel 1,677. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri Gugus III kota Bengkulu. Kata kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif, TGT, Motivasi Belajar, IPS