STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI TERHADAP DIRI SENDIRI PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Main Authors: Wulandari, Eliza, Herman, Lusa, Daimun, Hambali
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18709/1/SKRIPSI%20ELIZA%20WULANDARI%20NPM%20A1G014045.pdf
http://repository.unib.ac.id/18709/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menumbuhkan sikap peduli terhadap diri sendiri pada siswa kelas II SDN 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dan metode yang digunakan analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II C SDN 52 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan hasil dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan sikap peduli terhadap diri sendiri pada siswa sudah terlihat, seperti guru telah 1) memerankan diri sebagai model dan teladan, 2) memerankan diri sebagai motivator, dan 3) memerankan diri sebagai pembimbing. Berdasarkan hasil penelitian maka, dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan sikap peduli siswa kelas II SDN 52 Kota Bengkulu telah dilakukan dengan baik. Kata Kunci: Peran Guru, Sikap, Peduli terhadap Diri Sendiri