PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 27 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Gustidiana, Eki, Osa, Juarsa, Sri, Dadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18708/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/18708/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantu media audiovisual terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran pkn di kelas IVSDNegeri 27 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran atau mix method. Desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Desain dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Postest Control Group Design. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas subyek. Subyek dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu siswa kelas IV A di SDN 27 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV B di SDN 27 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen. Ada dua instrumen yang digunakan, yang peneliti itu sendiri dan tes minat belajar dengan bentuk pernyataan yang diberikan melalui pretest sebelum pembelajaran dan posttest setelah pembelajaran. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh nilai thitung (12,10) > ttabel (1,67) pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantu media audio visual terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran pkn di kelas IV SD Negeri 27 kota Bengkulu. Kata Kunci:Discovery Learning, Audio Visual, Minat Belajar Siswa.