PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU SISWA DI KELAS V SD NEGERI GUGUS 12 KOTA BENGKULU

Main Authors: Rosa, Efri, Puspa, Djuwita, Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18707/1/EFRI%20ROSA%20PGSD%20%28A1G014010%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/18707/
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap perilaku siswa di kelas V SD Negeri Gugus 12 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas V SD Negeri Gugus 12 Kota Bengkulu dengan jumlah sampel sebanyak 77 siswa dari Kelas V SD Negeri Gugus 12 Kota Bengkulu yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan rating scale dan skala likert. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan dengan taraf signifikan regresi signifikan, dibuktikan nilai fhitung (32,73) lebih besar dari ftabel (3,97). Sehingga, hasil pengujian tersebut menjadikan persamaan regresi yang dinyatakan dengan P= 33,955 + 0,789 dapat digunakan untuk menyimpulkan terdapat pengaruh game online terhadap perilaku siswa di kelas V SD Negeri Gugus 12 Kota Bengkulu. Konstanta sebesar 33,955: artinya jika game online nilainya 0, maka perilaku siswa ( ̂) nilainya positif yaitu sebesar 33,955. Koefisien regresi variabel perilaku siswa sebesar 0,789: artinya jika game online mengalami skor kenaikan 1, maka perilaku siswa ( ̂) akan mengalami peningkatan sebesar 0,789. Koefisien bersifat positif artinya terjadi hubungan positif antara variabel game online (X) dan variabel perilaku siswa ( ̂). Semakin naik skor game online yang ditandai dengan semakin rendah ketertarikan siswa terhadap game online maka semakin membaik perilaku siswa dan sebaliknya. Kata kunci: Game Online, Perilaku, Siswa SD