ANALISIS PELAYANAN MEDIS DI PUSKESMAS PEKIK NYARING

Main Authors: SAPUTRA, BIMA, Jarto, Tarigan, Suratman, Suratman
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18688/1/PDF%20SKRIPSI%20BIMA.pdf
http://repository.unib.ac.id/18688/
Daftar Isi:
  • Puskesmas Pekik Nyaring adalah salah satu instasi pemerintah yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan yang berada dibawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Tengah. Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis kesehatan dibawah supervisi Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Secara umum puskesmas harus memberikan pelayanan kuratif (pengobatan), preventif (upaya pencegahan), promotif (peningkatan kesehatan), dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan) baik melalui upaya kesehatan perorangan (UKP) ataupun upaya kesehatan masyarakat (UKM). Puskesmas dapat memberikan perawatan rawat inap selain perawatan rawat jalan. Untuk memberikan pelayanan yang baik tuntunya selalu diusahakan adanya peningkatan kualitas pelayanan guna mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi seluruh masyarakat. Keberadaan puskesmas sangat bermanfaat bagi keluarga tidak mampu. Dengan adanya puskesmas, setidaknya dapat menjawab kebutuhan pelayanan masyarakat yang memadai yakni pelayanan kesehatan yang mudah dijangkau. Oleh karena hal tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan pelayanan medis yang dilakukan oleh Puskesmas Pekik Nyaring dengan menggunakan dimensi kualitas pelayanan untuk mengukur kepuasan dari masyarakat dalam hal pelayanan medis di puskesmas. Kualitas pelayanan medis di Puskesmas Pekik Nyaring dapat dilihat dari dimensi Tangible (Berwujud), Reability (Kehandalan), Responsivness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), Emphaty (Empati). Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif serta pemeilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah pegawai puskesmas dan juga masyarakat yang telah mendapatkan pelayanan medis rawat jalan di Puskesmas Pekik Nyaring. Dari segi Tangible (Berwujud), Reability (Kehandalan), Responsivness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), Emphaty (Empati) sudah dapat dikatakan berkualitas dan masyarakat juga telah mendapatkan pelayanan yang diharapkan. Agar pencapaian bagus ini dapat terus bertahan, setiap pegawai Puskesmas Pekik Nyaring hendaklah terus bekerja keras untuk melayani masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan di puskesmas.