ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN XL VERSI ORANG UTAN ( Pemaknaan iklan televisi ”XL versi orang utan nggak usah mikir” Pada masyarakat kota Bengkulu
Main Authors: | Pujilestar, Yeni, Heri, Supriyanto, Mas , Agus Firmansyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/1863/1/YENI%20PUJI%20LESTARI.pdf http://repository.unib.ac.id/1863/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya iklan XL versi orang utan ”nggak usah mikir” yang unik, kreatif, berani sekaligus merupakan iklan yang menimbulkan multi interpretasi dan kontroversi dari masyarakat. Penelitian ini memfokuskan diri pada kajian utama tentang eksekusi audio visual dan cinematik serta pemaknaan iklan yang berada disekitar lingkup sosial budaya. Penelitian ini menggunakan perspektif kualitatif dengan paradigma kritis analisis semiotika versi Roland Barthes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna tanda orang utan sekaligus mengetahui makna pesan yang tersembunyi pada iklan XL versi orang utan ”nggak usah mikir” yang merupakan unit analisis pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sebagai teknik penetapan unit analisis. Teknik pengumpulan data adalah studi dokumentasi dan wawancara dengan analisis triangulasi sebagai teknik keabsahan datanya. Setelah dilakukan proses transkripsi, identifikasi dan analisis data ditemukan bahwa secara audio visual iklan XL cenderung berkesan informal, ceria dan santai dengan menggunakan pendekatan humor dan sindiran namun tetap to the point / langsung. Selain itu, iklan ini cenderung memunculkan nilai-nilai ”simplising” dan ”kecerdasan” yang identik dengan gaya hidup masyarakat kota. Akhirnya nilai-nilai ”simplising” dan ”kecerdasan’ tersebut merangkum sebuah simbol ”modernitas” yang didekonstruksi XL sebagai sebuah nilai-nilai yang diharapkan akan menjadi sebuah jembatan untuk mendekatkan diri terhadap audience sasar utama-nya, yaitu masyarakat modern.