PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Main Authors: Markoni, Defrizal, Resnani, Resnani, Febrian, Tarmizi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18598/1/SKRIPSI%20Defrizal%20Markoni.output.pdf
http://repository.unib.ac.id/18598/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimental Design, dengan jenis desain penelitian The Matching Only Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 52 Kota Bengkulu yang berjumlah 112 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VD sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes menulis karangan deskripsi yang diberikan melalui posttest setelah pembelajaran berlangsung. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Diketahui berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kedua kelas yakni, pada kelas eksperimen sebesar 76,60 dan pada kelas kontrol 70,78. Selain itu, berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 2,78 dan ttabel sebesar 1,70. Jadi dengan thitung (2,78) > ttabel (1,70) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada taraf 5% pada penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Kata kunci: Think Talk Write, Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi