PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI GUGUS 19 KOTA BENGKULU

Main Authors: Melinda, Betri, Sri, Ken Kustianti, Karjiati, Karjiati
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18585/1/SKRIPSI%20BETRI%20MELINDA.pdf
http://repository.unib.ac.id/18585/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas V di SDN Gugus 19 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas sampel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri Gugus 19 Kota Bengkulu yang menggunakan Kurikulum 2013. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 71 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 72 Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol. Instrument penelitian berupa tes hasil belajar. Berdasarkan hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signfikan 5% diperoleh hasil t hitung 13,57 > t tabel 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas V di SDN Gugus 19 Kota Bengkulu. Kata kunci: model Discovery Learning, Hasil Belajar, Matematika.