PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Main Authors: Pratiwi, Septi, Ria, Ariesta, Arono, Arono
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18556/1/SEPTI%20PRATIWI%20A1A014007%20PENDIDIKAN%20BAHASA%20INDONESIA.pdf
http://repository.unib.ac.id/18556/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 yang dilakukan di Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII.5 dan siswa kelas VIII.5. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum melakukan pembelajaran guru membuat sebuah perencanan pembelajaran terlebih dahulu, yaitu dengan menyusun RPP dan menentukan tugas proyek yang akan diberikan. Langkah-langkah pembelajaran yang digunakan dalam model pembelajaran berbasis proyek, yaitu penentuan proyek, perencanan proyek, penyususnan jadwal, penyelesaian proyek, penyampaian hasil proyek, dan penilian. Berdasarkan enam langkah pembelajaran yang dilaksanakan terdapat dua tahapan pembelajaran yang tidak teroptimalkan, yaitu pada tahap penyusunan jadawal dan penilaian proyek.