PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Main Authors: Efrizal, Rian, Ria, Ariesta, Didi, Yulistio
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18552/1/Skripsi%20Rian%20Efrizal%20A1A014039.pdf
http://repository.unib.ac.id/18552/
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis puisi menggunakan model pembelajaran example non example dengan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Data yang diperoleh berupa hasil tes kemampuan siswa menulis puisi dengan model pembelajaran yang berbeda dan diterapkan pada kelas yang berbeda. Pada siswa kelas VIII D belajar dengan menggunakan model pembelajaran example non example dan pada siswa kelas VIII E belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan menulis puisi menggunakan model pembelajaran example non example hasil nilai rata-ratanya 73,4782609 yang termasuk dalam kategori baik, (2) kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional nila rata-ratanya 60,7826087 yang termasuk dalam kategori cukup, dan (3) terdapat perbedaaan antara kemampuan menulis puisi menggunakan model pembelajaran example non example dengan mengggunakan model pembelajaran konvensional, dengan demikian Ha diterima.