IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS DI SMA NEGERI 1 BENGKULU TENGAH KELAS XI

Main Authors: Dharma, Purnamasari Vidya, Ria, Ariesta, Agus, Joko Purwadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/18545/1/Skripsi%20baru.pdf
http://repository.unib.ac.id/18545/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis teks yang telah dilakukan dan dilaksanakan oleh guru di kelas XI IPS dan IPA di SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas XI IPS 4, IPS 5, IPA 3, IPA 4, dan siswa di kelas XI IPS 4, IPS 5, IPA 3, dan IPA 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membuat rancangan pembelajaran sebelum pelaksanaan pembelajaran berlangsung, yaitu RPP. Pelaksanaan pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan di kelas tidak seluruhnya terlaksana sesuai rancangan. Tahap pembelajaran yang terdiri kegiatan membangun konteks, pemodelan, menyusun teks secara berkelompok, dan menyusun teks secara mandiri. Dari keempat tahapan pembelajaran tersebut yang dilaksanakan oleh kedua guru sesuai rancangan ada dua tahapan, yaitu membangun konteks dan pemodelan. Pada tahapan menyusun teks secara berkelompok dan menyusun teks secara individu pada pelaksanaannya belum sesuai rancangan. Dilihat dari alokasi waktu pelaksanaan pembelajaran yang singkat dan adanya kegiatan sekolah, pelaksanaan pembelajaran berbasis teks dilaksanakan dengan kurang efektif.