IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERBASIS MARKER TRACKING SEBAGAI MEDIA PENGENALAN FLORA DAN FAUNA HUTAN TROPIS PROVINSI BENGKULU
Main Authors: | ADRIANSYAH, OKTAPIAN, Desi, Andreswari, Funny, Farady Coastera |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18389/1/LAPORAN_OKTAPIAN%20ADRIANSYAH_G1A013023.pdf http://repository.unib.ac.id/18389/ |
Daftar Isi:
- Kurikulum 2013 untuk jenjang sekolah dasar saat ini menggunakan pendekatan pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi augmented reality berbasis marker tracking sebagai media pembelajaran dan pengenalan flora dan fauna yang ada di hutan tropis Provinsi Bengkulu untuk siswa sekolah dasar yang sejalan dengan konsep pembelajaran tematik. Metode marker tracking yaitu metode augmented reality yang memerlukan marker untuk menampilkan objek. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman C Sharp (C#) dengan bantuan Unity dan Blender untuk membuat model 3D. Informasi fauna yang akan ditampilkan pada aplkasi ini yaitu nama spesies, suara fauna, klasifikasi berdasarkan jenis makanan, klasifikasi berdasarkan kelas (taksonomi), nama latin, status dilindungi, bahasa inggris nama fauna, apakah fauna identitas Provinsi Bengkulu, dan status fauna endemik Provinsi Bengkulu. Sedangkan untuk flora, informasi yang akan ditampilkan di antaranya nama spesies, klasifikasi berdasarkan kelas (taksonomi), nama latin, status dilindungi, bahasa inggris nama flora, status flora endemik Provinsi Bengkulu, dan manfaat flora. Berdasarkan hasil pengujian pre-test dan post-test yang dilakukan sebelum dan sesudah anak menggunakan aplikasi, dapat disimpulkan bahwa aplikasi augmented reality ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan wawasan anak tentang flora dan fauna yang ada di hutan tropis Provinsi Bengkulu sebesar 99,4%. Kata Kunci : Augmented Reality, Flora dan Fauna Hutan Tropis Provinsi Bengkulu, Media Pengenalan Flora dan Fauna