PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN JENIS KURA-KURA SUMATERA
Main Authors: | WIBISONO, DIMAS KURNIAWAN, Endina, Putri Purwandari, Aan, Erlanshari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18333/1/SKRIPSI-DimasKurniawanWibisono1.pdf http://repository.unib.ac.id/18333/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Penerapan teknologi Augmented Reality untuk pengenalan jenis kura-kura Sumatera”. Penelitian ini membangun aplikasi Augmented Reality kura-kura Sumatera berbasis android dengan menggunakan metode Marker Based Tracking sebagai media pembelajaran . Objek penelitian ini adalah kura-kura di Bengkulu yaitu kura-kura nanas/ duri/ matahari (heosemys spinosa), kura-kura garis hitam (cyclemys odhamil), kura-kura patah dada/ batok (coura amboinensis), kura-kura beiyogo/ tempurung datar (notochelys platynota), kura-kura baning cokelat (manouria emys), kura-kura pipi putih (siebenrockiella crassiocollis), dan kura-kura biuku/ gading (ortilia borneensis). Aplikasi ini dibangun menggunakan software Unity 3D dengan bahasa pemrograman C#, Vuforia sebagai database marker dan dirancang dengan Model Unified Modelling Language (UML). Berdasarkan pengujian yang dilakukan, menunjukkan bahwa Aplikasi Augmented Reality Kura-kura Sumatera berbasis Android berpengaruh meningkatkan aspek pemahaman anak mengenai pembelajaran Kura-kura Sumatera. Hasil yang di dperoleh dari uji kelayakan Aplikasi termasuk dalam kategori “SANGAT BAIK”. Hasil yang didapat dari uji respon siswa menunjukkan respon yang positif terhadap Aplikasi Augmented Reality Kura-kura Sumatera berbasis Android. Kata Kunci : Augmented Reality, Kura-kura, Marker Based Tracking, Android.