FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMBELIAN DAGING AYAM BROILER DI PASAR TRADISIONAL KOTA BENGKULU
Main Authors: | Prasellya, Putri Ratna, Basuki, Sigit Priyono, Redy, Badrudin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18243/1/SKRIPSI%20PUTRI%20RATNA%20PRASELLYA%20E1D014068%283%29.compressed.pdf http://repository.unib.ac.id/18243/ |
Daftar Isi:
- Di Kota Bengkulu daging ayam broiler merupakan salah satu daging yang dikonsumsi khalayak banyak karena manfaat dari daging ayam broiler itu sendiri. Manfaat yang didapat atau dipeoleh adalah sumber protein hewani. Dari tahun ke tahun, kosumsi rata-rata daging ayam ras (broiler) cendrung meningkat, hal ini dikarenakan konsumen memilih daging ayam ras (broiler) sebagai salah satu pangan untuk pemenuhan sumber protein hewani dibandingkan daging lain dan konsumsi yang berbeda untuk setiap keluarga. Kelebihan daging ayam ras (broiler) yaitu harga lebih murah , daging mudah diolah, dan persediaan berlimpah atau terdapat dimana-mana penjualnya khususnya di pasar tradisional. Meskipun daging ayam ras (broiler) merupakan daging yang mengandung lemak tidak sedikit, minat konsumen untuk membeli daging ayam ras (broiler) pun tidak sedikit. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat pembelian daging ayam broiler di pasar tradisional Kota Bengkulu. Faktor pertama yang berpengaruh pada tingkat pembelian daging ayam broiler di Kota Bengkulu adalah stimulus pemasaran. Stimulus pemasaran disini meliputi dari produk itu sendiri seperti harga. Faktor kedua yaitu berasal dari konsumen meliputi karakteristik konsumen (umur, pendidikan, pendapatan rumah tangga, jumlah tanggunga keluarga, jarak pasar). Pengaruh ketiga respon konsumen yaitu hasil akhir dari proses keputusan konsumen sehingga adanya tingkat pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Persepsi harga juga diduga mempengaruhi pembelian konsumen terhadap daging ayam broiler di Kota Bengkulu. Hal ini kemudian menjadi pertimbangan yang lebih lanjut, sehingga memasukkan persepsi harga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat pembelian daging ayam broiler di pasar tradisional Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah : 1). Menganalisis tingkat pembelian daging ayam broiler di Kota Bengkulu 2). Menganalisis faktor apa sajakah yang mempengaruhi tingkat pembelian daging ayam broiler di Kota Bengkulu. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja dengan penentuan sampel menggunakan teknik area sampling, Penarikan responden dilakukan secara Accidental. Data dikumpulkan drai kuisioner yang diberikan langsung kepada konsumen daging ayam broiler yang dijadikan sampel dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata jumlah pembelian daging ayam broiler di pasar tradisional Kota Bengkulu adalah sebesar 7.,91 Kg/rumah tangga/bulan. Berdasarkan metode analisis regresi linear berganda yang diturunkan dengan metode kuadrat terkecil (Ordinary Least Square), faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pembelian daging ayam broiler di pasar tradisional Kota Bengkulu adalah (1) jumlah anggota keluarga (X 1 ) (2) tingkat pendidikan (X 2 ) (3) pendapatan rumah tangga (X 4 ) dan (4) persepsi terhadap harga daging ayam broiler(D) berpengaruh signifikan positif terhadap tingkat pembelian daging ayam broiler di pasar tradisional Kota Bengkulu. Kata kunci : Pembelian, daging ayam broiler, pasar tradisional