HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PETANI PADI SAWAH TENTANG MARKETING MIX DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PESTISIDA MEREK EXPLORE DI KECAMATAN TUGUMULYO (STUDI KASUS PADA PRODUK PESTISIDA PT. SUMBER SARANA AGRO)
Main Authors: | Agustriana, Peni, Redy, Badrudin, M, Mustopa Romdhon |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18241/1/Skripsi%20Peni%20Agustriana.pdf http://repository.unib.ac.id/18241/ |
Daftar Isi:
- Indonesia dikenal dengan negara agraris karena sebagian besar rakyatnya hidup dari sektor pertanian. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, otomatis kebutuhan terhadap sektor pertanian dan tuntutan terhadap kebutuhan sandang, pangan serta papan semakin meningkat. Dalam kebutuhan pangan, sektor pertanianlah yang selalu digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan salah satunya yaitu beras yang merupakan makanan pokok setiap warga negara Indonesia secara umum.Untuk menyediakan dan meningkatkan jumlah produksi padi terdapat kendala yang dialami oleh petani baik yang bersifat fisik, sosio-ekonomi maupun kendala yang bersifat biologi (biological constraint). Kendala yang paling sering dirasakan oleh petani yaitu kendala biologi. Kendala biologi adalah organisme yang dapat menurunkan kualitas maupun kuantitas produk bahkan dapat mengakibatkan gagal panen yang disebabkan oleh hama, gulma dan penyakit. Salah satu sarana pertanian yang dapat mengurangi kendala biologi Penggunaan pestisida berbahan kimia terbukti dapat meningkatkan produksi petani sehingga hampir seluruh petani menggunakan pestisida untuk usaha tani mereka. PT. Sumber Sarana Agro adalah salah satu perusahaan yang bergarak dalam mendistribusikan pestisida dengan pangsa pasar yang cukup besar. Perusahaan ini selalu berusaha menyediakan produk-produk yang berkualitas untuk konsumen agar mampu menjadi pemimpin pasar untuk produk pestisida. Persaingan yang begitu ketat membuat PT. Sumber Sarana Agro perlu menyusun strategi pemasaran yang tepat, khususnya yang terkait dengan bauran pemasaran agar konsumen yang sudah ada tidak beralih ke pesaing. Kecamatan Tugumulyo merupakan Kecamatan yang berada di Kabupaten Musi Rawas yang mayoritas masyarakatnya berusaha tani padi sawah dan menggunakan pestisida yang berasal dari PT. Sumber Sarana Agro, salah satu produk pestisida yang sering digunakan oleh petani di Kecamatan Tugumulyo yaitu produk bermerek Explore merupakan zat pengatur tumbuh dan sebagai fungisida. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hubungan antara persepsi marketing mix terhadap keputusan pembelian pestisida merek Explore pada tingkat petani padi sawah di Kecamatan Tugumulyo. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian mengenai hubungan persepsi marketing mix terhadap keputusan pembelian produk pestisida merek Explore pada tingkat petani padi sawah di Kecamatan Tugumulyo, dapat disimpulkan bahwa variabel produk, harga dan promosi memiliki hubungan yang nyata dengan keputusan pembelian dan pada variabel produk dan promosi memiliki hubungan yang lemah terhadap keputusan pembelian pestisida merek Explore, sedangkan variabel harga memiliki hubungan yang agak kuat, sementara pada variabel tempat tidak memiliki hubungan dengan keputusan pembelian produk pestisida merek Explore. Artinya semakin baik strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan akan mengakibatkan keputusan pembelian semakin meningkat dan begitu juga sebaliknya. Kata Kunci: Pestisida Merek Explore, Deskriptif, Rank Spearman, Marketing Mix, Keputusan Pembelian