ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP J.CO DONUTS DI PALEMBANG INDAH MALL DI KOTA PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN
Main Authors: | Putri, Nuraini, Redy, Badrudin, Septri, Widiono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/18238/1/PDF%20SKRIPSI%20Nuraini%20Putri.pdf http://repository.unib.ac.id/18238/ |
Daftar Isi:
- Saat ini, masyarakat Indonesia sudah mulai terpengaruh dan mengadaptasi gaya hidup orang asing dimana manusia dalam kehidupannya mengiginkan sesuatu yang praktis dan mudah untuk dilaksanakan. Hal yang sangat mencolok adalah gaya santap masyarakat Indonesia yang tak bisa lepas dari nasi, sekarang mulai beralih menyantap roti sebagai camilan ketika merasa lapar. Dalam hal ini yang paling utama adalah di bidang pangan, dimana seseorang menginginkan suatu kemudahan dalam memperoleh dan mengolah makanan tersebut tanpa harus membuang waktu yang konsumen miliki. Perkembangan teknologi dan industri membawa dampak bagi kehidupan manusia terutama pada dunia usaha saat ini. Pengembangan suatu produk atau jasa juga melibatkan penentuan manfaat yang akan diberikan seperti kualitas, fitur ( feature), dan rancangan. Salah satu bentuk industri pengolahan hasil pertanian adalah donat. Donat adalah penganan yang digoreng, yang dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat yang berbentuk cincin dengan lubang di tengah, dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim dan custard. Selain rasa dan jenis yang beragam, harga bahan bakunya pun murah. Dalam perkembangan konsep pemasaran, konsumen ditempatkan sebagai sentral perhatian. Para praktisi maupun akademis berusaha mengkaji aspek-aspek konsumen dalam rangka mengembangkan strategi pemasaran yang diharapkan maupun meraih pangsa pasar yang ada. Oleh karena itu, mempelajari aspek perilaku konsumen itu sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap dan Perilaku Konsumen terhadap Donat J.Co Di PIM (Palembang Indah Mall) Di Kota Palembang. Dengan menggunakan metode Analisis Deskriptif, Analisis Fishbein, Skala Likert. Di Kota Palembang, J-Co merupakan salah satu perusahaan makan ringan terkenal dikalangan masyarakat sekitarnya. J.Co Donuts menempatkan produknya sebagai produk internasional yang memiliki nilai lebih, maka donuts ingin menawarkan rasa donat yang berbeda kepada konsumennya yang di mana belum pernah dirasakan sebelumnya. J.Co donuts hadir dengan konsep donat yang sederhana, namun berhasil untuk memikat konsumen dan membuka gerai hingga kemanca Negara. J.Co Donuts telah memiliki 62 gerai di Indonesia dan 8 gerai di Singapur dan malaysia. Donat J.Co dibuat menggunakan mesin-mesin, baik saat mencampurkan bahan-bahan, memasak dan membuat topping donat. Satu-satunya tenaga manusia yang dilibatkan hanya pada saat pencetakan donat. Yang juga menggunakan alat bantu cetakan. Semua mesin yang digunakan sepenuhnya diimpor dari USA. Begitu juga dengan bahan-bahan dasar, lebih dari 50% diimpor dari luar negeri. Hasil dari penelitian ini yang menggunakan analisis fishbein, secara keseluruhan sikap total konsumen (Ao) > 0 atau bernilai positif dengan ini nilai total sebesar 8.31, yang berarti nilai sikap total konsumen berada pada nilai baik untuk setiap atribut dimana atribut-atribut tersebut adalah Rasa, Harga, Tampilan, Variasi Ukuran, Variasi Rasa, Label Halal, Fasilitas, BPOM, Pelayanan, Tata Ruangan, dan Lokasi dan Perilaku konsumen (B) Donat J.Co di Palembang Indah Mall di Kota Palembang berilai positif 5.7 karena B > 0, maka perilaku konsumen Donat J.Co adalah positif. Artinya konsumen Donat J.Co akan tetap melakukan pembelian dan mengkonsumsi produk tersebut untuk selanjutnya. Untuk hasil norma subjektif adalah sebesar 2.88 menunjukkan bahwa pengaruh dari luar konsumen atau faktor eksternal terhadap pembelian Donat J.Co. Hal tersebut menunjukkan bahwa faktor eksternal memberikan pengaruh terhadap konsumen untuk membeli atau mengkonsumsi Donat J.Co. Kata kunci : Sikap, Perilaku, konsumen, Fisbein, Donat J.Co